SAMOSIR - Bhabinkamtibmas Polres Samosir secara rutin melakukan kegiatan sambang desa atau kunjungan ke warga binaan sebagai upaya memperkuat keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) jelang Pilkada 2024. Hal itu juga merupakan tugas rutin dari seorang Bhabinkamtibmas dan kegiatan tersebut sebagai upaya preventif/pencegahan terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah desa seperti yang dilaksanakan personil Bhabinkamtibmas Polres Samosir, Selasa (07/06/2024).

Bhabinkamtibmas Desa Pallombuan, Kecamatan Palipi, Aipda. AM Hutabarat melakukan sambang atau kunjungan terhadap pedagang dan pembeli di pasar Onan Mogang, mengimbau agar menjaga barang berharga guna mencegah tindak pidana pencurian.

Brigadir. Gunawan Situmorang, Bhabinkamtibmas Desa Harian, Kecamatan Onan Runggu mengunjungi warga desa binaannya dan memberikan himbauan terkait kemanan jelang pilkada 2024, bersosialisasi tentang demokrasi di Pilkada, yakni memilih paslon bukan karena janji atau hadiah dan tidak memaksakan pilihan kepada orang lain dengan bentuk apapun.

Sedangkan personil Bhabinkamtibmas yang ditugaskan di Kecamatan Simanindo, Bripka. DJ. Arfan selaku Bhabinkamtibmas Desa Huta Ginjang, dan Brigadir Kurniawan, Bhabinkamtibmas Desa Ambarita mengunjungi masyarakat desa binaannya dengan tujuan terkait pengembangan objek wisata, agar bekerjasama dengan pemerintah desa dan dinas terkait.

Di sana, menyampaikan supaya terlebih dahulu bermufakat dengan warga desa terkait pengembangan wisata untuk saling mendukung, dapat memberikan rasa nyaman kepada wisatawan dan masyarakat sekitar, dengan berperilaku sopan dan hormat kepada pengunjung.

Kegiatan Bhabinkamtibmas Polres Samosir juga memberikan himbauan agar bersama-sama menjaga kamtibmas, tidak melakukan perbuatan yang melawan hukum seperti perjudian, penyalahgunaan narkotika, mabuk, dan perbuatan melawan hukum lainnya, demi keamanan diri, warga sekitar dan pengunjung/wisatawan.

Kepada media, Penjabat sementara Kasi Humas Polres Samosir, Brigadir. Vandu P. Marpaung menyampaikan, melalui kegiatan personil Bhabinkamtibmas Polres Samosir yang gencar melakukan sambang atau kunjungan ke warga di Desa binaan, untuk memberikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas agar dapat mencegah gangguan kamtibmas. Sehingga masyarakat akan dengan bebas melakukan aktivitasnya, tidak mendapat gangguan.

Menurutnya, dengan kesadaran masyarakat terkait pencegahan gangguan kamtibmas, maka masyarakat akan lebih gampang dan sadar akan memenuhi kebutuhan hidupnya, program pemerintah akan berjalan lancar ditengah kehidupan masyarakat demi kemajuan taraf hidup masyarakat.

"Hal tersebut akan selalu dilakukan pengawasan oleh Bhabinkamtibmas selaku personil kepolisian yang beraktivitas langsung ditengah kehidupan masyarakat di desa binaan, agar masyarakat beraktivitas pada koridor yang benar", ujar Vandu.