PALAS - Dinas Sosial Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar acara konsultasi publik di ruang aula kantor dinas tersebut, Senin (6/4/2024).

Kegaitan konsultasi publik tersebut dihadiri unsur Forkopimda, Dinas Kesehatan, RSUD Sibuhuan, Dinas Kominfo,Dinas Dukcapil, Ketua P2TP2A,Padamulia,,Camat Barumun dan Lurah Pasar Sibuhuan dan Baznas.

Kegiatan konsultasi publik berdasarkan
Permendagri Nomor 16 tahun 2017 penyelenggaran forum konsultasi pubkik dilingkubgan unit pelayanan publik.

Kepala Dinas Sosial Palas H. Achmad Fauzan Nasution,S Hi mengatakan, konsultasi publik ini bertujuan untuk mempererat hubungan silaturrahmi, dan sinergitas dengan lintas sektoral OPD terkait pelayanan publik.

"Kegiatan kosultasi pubkik ini melibatkan kerjasama dengan lintas sektoral,intansi vertikal dan Forkopimda dalam hal penyajian layanan publik bagi masyarakat yang membutuhkan," terangnya.

Dikatakan, khususnya bidang pelayanan publik yang berkaitan dengan program kerja Dinas Sosial Palas antara lain, program bantuan bantuan kelengkapan administrasi yang dibutuhkan masyarakat sebagai syarat permohonan untuk rekomondasi usulan ke pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Bahkan, kata Achmad Fauzan, kepihak Kementerian dan lembaga intansi pemerintah lainnya.

Selain itu juga,kata Kadis Sosial keperluan lainnya yang berkaitan dengan Dinas Sosial sepeeti pemberdayaan masyarakat, imam masjid,santunan kematian,bilal.mayit dan santunan anak yatim.

Untuk melengakapi kebutuhan administrasi bantuan rehabilitasi ODGJ dan anak yang berhadapan dengan hukum dan warga kanjut usia,disabilitas telantar serta kebutuhan administrasi usulan data terpadu kesejahteraan sosial.

"Melalui konsultasi publik ini diharapkan melahirkan gagasan dan terobosan yang dapat meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat di Kabupaten Palas," katanya.

Sementara itu, Kabid Penanganan Fakir Miskin (PFM) Dinas Sosial Palas, Nuraijah Siregar SKM mengatakan, melalui pertemuan konsultasi publik ini diharapkan memastikan transparansi pelayanan publik kepada masyarakat sesuai tupoksi dan program.

Terkait dengan lintas sektoral,sambungnya peran dan fungsi masing-masing dari lintas sektoral dapat diberdayakan khususnya yang berkaitan dengan program Dinas Sosial.

Konsultasi publik ini memberikan manfaat untuk peningkatan pelayanan publik yang terus secara aktif terpublikasi melalui media dan mensos sebagai upaya peningkatan pelayanan yang baik.