PALAS - Pengembangan potensi desa dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui  pembangunan desa wisata merupakan salah satu langkah yang efektif dalam membangun pondasi perekonomian. Demikian disampaikan, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) Kabupaten Padanglawas, Irham Habibi Harahap, S.Pd, M.Pd, Selasa(7/5/2024 ), terkait langkah yang dilakukan Pj. Bupati Palas, Dr Edy Junaedi HarahapS.STP, M.Si dalam hal pengembangan potensi desa.

Menurut Irham Habibi yang juga menjabat Kepala Des Padang Garugur,Kecamatan Barumun Tengah, pembangunan desa bukan hanya terfokus pada infrastruktur jalan dan bangunan,tetapi pengembangan potensi desa juga harus dikembangkan sebagai upaya mendorong prekonomian warga.

"Pengembangan dan pemmbangunan berbasis sumber daya alam juga perlu dikembangkan untuk merangsang minat masyarakat untuk lebih mengembangkan potensi -potensi yang ada di desa," ungkapnya.

Kata Irham Habibi, langkah Pj Bupati Palas,Dr,Edy Junaedi mengembangkan sektor parawisata melalui pengembangan desa wisata sebagai langkah yang tepat mendorong kemajuan desa serta prekonomian.

Semenjak Edy Junaedi diberi amanah kepercayaan sebagai Pj Bupati yang dilantik 12 Ferbuari 2024 lalu, kata Irham Habibi program terobosannya mendorong dinas terkait untuk pengembangan potensi desa yang memiliki potensi sebagai desa wisata terus dilakukan.

Seperti pengembangan potensi wisata alam maupun budaya terus digenjot untuk diberdayakan dalam upaya pengembangan mewujudkan kemajuan daerah dan peningkatan ekonomi lokal desa.

Irham menilai, program pengembangan desa wisata,terus diprioritaskan dengan menekankan dinas terkait membidang parawisata untuk menjadi perhatian dan dilakukan evaluasi langkah -langkah apa saja yang telah dilakukan untuk kearah tersebut.

"Langkah Pj Bupati Palas untuk pengembangan program desa wisata desa merupakan terobosan positip yang memberikan kontribusi untuk sumber pendapatan daerah dan peningkatan ekonomi kerakyatan yang menyentuh lapisan masyarakat bawah," imbuhnya.

Apalagi di Kabupaten Palas ini banyak potensi desa yang memiliki sektor parawisata yang dapat dikembangkan dengan baik, tentu menjanjikan perubahan peningkatan kemajuan ekonomi.

"Kabupaten Palas banyak menyimpan peninggalan sejarah sebagai budaya lokal sepedti cagar budaya candi,keindahan panorama alam juga peninggalan sejarah yang menyisakan bangunan candi dan benda purba kala yang sampai saat ini masih terpelihara dengan baik," ujar Irham Habibi yang juga seorang aktivis gerakan peduli Kabupaten Palas.

Diantara peninggalan sejarah tersebut seperti, Candi Sidjoreng Balanga yang berada di Desa Padang Garugur,Kecamatan Barumun Tenga,Air Terjun Binanga Tolu,Sipatabung dan Makam Permata Sapihak dan beberapa objek wisata lainnya.


"Jika semua lokasi objek wisata yang ada di desa ini dikembangkan dengan baik tentu menarik minat wisata bahkan wisatawan mancanegara berkeinginan mengunjungi tempat -tempat wisata desa yang ada di Kabupaten Palas," tambahnya.

Bila semua ini bisa diwujudkan daj direalisasikan secara bertahap,kita berkeyakinan akan menambah kreaktivitas warga untuk mendorong peningkatan ekonomi yang lebih baik kedepan.

Ia menambahkan, terobosan dan langkah Pj Bupati Palas patut diacungkan jempol dan di apresiasi dalam pengembangan desa wisata.

"Kita akan memberikan piagam penghargaan kepada Pj Bupati,Edy Junaedi ataa prakarsa terobosannya dari pintu yang sulit menjadi sebuah konsep pembangunan berbasis desa wisata di Kabupaten Palas," ungkapnya.

Ketua Apdesi Kabupaten Palas ini juga meminta, Pj Bupati untuk terus mengenjot program desa wisata dengan skala prioritas untuk dikembangkan sebagai objek wisata budaya dan wisata alam lokal yang pengelolaan ditangani oleh desa bekerja sama Pemda.