MEDAN - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H Ahmad Qosbi SAg MM mengingatkan para Kabid, Kakakan Kemenag Kabupaten/Kota dan Kepala Madrasah agar mewaspadai dan berhati-hati terhadap oknum tumin (tukang minta) yang akhir-akhir ini sering gentayangan mencari mangsa di lingkungan Kementerian Agama di Sumut. Peringatan ini disampaikan Kakanwil Kemenag Sumut pada acara halal bi halal dan tepung tawar jamaah calon haji Kanwil Kemenagsu, Selasa (30/4/2024). 
 
Ia menyebutkan modus tersebut dilakukan oknum dengan mendatangi dan menelfon 'mangsanya' menjual isu murahan dengan mengatakan dekat dengan pejabat Kanwil Kemenagsu dan bisa mengurus pindah dan mengurus jabatan.
 
Kalau mangsanya tertarik dengan tipu daya oknum tumin tersebut, kemudian ia akan meminta sejumlah uang dan mengirimkan nomor rekeningnya kepada calon korbannya.
 
Modus lain, kata Kakanwil, si oknum tersebut sering menunjukkan foto dirinya dengan pejabat tertentu tujuannya untuk meyakinkan calon korbannya. Seolah olah si memang memiliki kedekatan dengan pejabat di Kanwil Kemenag Sumut maupun pejabat publik lainnya yang memiliki jabatan.
 
Karena itu, lanjutnya Kakanwil, jangan mau diajak berfoto dengan oknum tersebut karena foto itu nantinya akan disebarkannya tanpa izin.
 
"Saya sudah ada menerima beberapa laporan dari beberapa kemenag kab/kota khususnya pegawai PPPK yang ingin pindah tugas dari satu daerah ke daerah lain," imbuhnya tanpa merinci nama oknum dimaksud.
 
Dalam kesempatan tersebut,ia juga menegaskan, tidak ada yang bisa mengurus perpindahan pegawai PPPK, dan pemetaan tahun 2024 ditunda.
 
Ia menyarankan, bagi yang merasa korban atas rayuan manis oknum tersebut supaya meminta uangnya kembali dan bila perlu laporkan ke aparat penegak hukum.
 
Hadir pada acara tersebut, Kabag TU, H Muhammad Yunus MA, Kabid Penmad H Erwin P Dasopang MSi, Kabid Urais, Kabid Pakis, Kabid Penais, Pembimas dan Kakan Kemenag Kab/ Kota serta kepala madradah.
 
Kakanwil mengucapkan terimakasi pada Penmad sebagai panitia halal bi halal atas terlaksananya acara dengan baik dan sukses.
 
Ia juga mengucapkan terimakasih pada kakan kemenag kabupaten/kota serta kepala madrasah atas kehadirannya di acara halal bi halal serta tepung tawar jemaah haji.
 
Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil mengajak semua ASN Kemenag tetap berada dalam satu komando.
 
" Mari kita tingkatkan kinerja kita dan tetaplah dalam satu komando untuk meraih sukses Kemenag dimasa mendatang" pungkasnya.