MEDAN - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Medan siap menyambut kedatangan calon jamaah haji (calhaj) tahun 2024 Embarkasi Medan yang akan menunaikan Rukun Islam kelima, mulai 12 Mei mendatang. Kesiapan itu dinyatakan Kepala UPT asrama haji Medan H. Ramlan Sudarto SH, Selasa (30/4/2024).
 
Kesiapan itu juga termasuk untuk pemulangan jamaah haji nantinya.
 
"Sesuai arahan dari Kementerian Agama, kita menyiapkan sarana dan prasarana baik kamar untuk jamaah, aula, ruang makan baik untuk pemberangkatan dan pemulangan," ujarnya.
 
Begitu juga mengenai kebersihan kamar, Ramlan mengatakan tetap dijaga kebersihannya dan ditingkatkan lagi.
 
Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga akan melalukan fooging atau pengasapan di semua lingkungan Asrama h
Haji, yang akan dilaksanakan minimal 7 hari sebelum jamaah masuk asrama.
 
"Petugas kita juga sudah siap memberikan pelayanan, baik keamanannya, juga akomodasi dan lingkungan, kita sudah siap," katanya.
 
Untuk petugas, sebut Ramlan dari UPT menyiapkan 75 orang baik ASN dan Non ASN. Mereka nantinya akan bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing masing.
 
Disinggung mengenai pengaturan parkir untuk kenderaan pengantar dan petugas, Ramlan mengatakan hal itu sudah tergabung dalam PPIH dan kerjasama dengan kepolisian, mana yang boleh parkir di dalam atau tidak.
 
"Kita siap melayani 24 jam termasuk bila nanti ada pemberangkatan dan pemulangan malam hari. Kita sesuaikan jadwalnya," tegas Ramlan.
 
Ia juga mengimbau petugas untuk tetap memberikan pelayanan terbaik.
 
"Harapannya, semoga semuanya berjalan sukses dan tidak ada kendala," ujarnya.
 
Ramlan juga menyampaikan, untuk kamar bagi jemaah haji ada 150 kamar di gedung Al Munawarah dan 80 kamar di gedung Jabal Noor.
 
"Untuk di Jabal Noor prioritas bagi jamaah yang masuk mendahului sebelum masuk jadwal pemberangkatan seperti dari Nias dan Tapteng," pungkasnya.
 
Sebagaimana diketahui untuk musim haji tahun ini, kelompok terbang pertama yang diberangkat menuju Tanah Suci jamaah asal Asahan. Jamaah ini akan masuk Asrama Haji pada 12 Mei dan bertolak menuju Tanah Suci 13 Mei 2024.