PALAS - Pj Bupati Padanglawas, Dr. Edy Junaedi Harahap, S.STP, M.Si menghadiri khataman Alquran sekaligus penamatan 368 siswa-siswi kelas XII tahun pelajaran 2023-2024 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Rabu (24/4/2024). Kepala MAN1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj. Mahnidar Azwarni Nasution, S.Ag mengatakan khataman Alquran sekaligus penamatan siswa-siswi kelas XII tahun pelajaran 2023-2024 terselenggara atas kerjasama yang baik antara pengurus komite dan para orangtua siswa.
 
Dikatakan, siswa-siswi yang akan ditamatkan tahun ini sebanyak 368 orang dan 148 orang siswa telah lulus dan diterima masuk diberbagai perguruan tinggi negeri.
 
Pj Bupati Padang Lawas, Dr. Edy Junaedi Harahap, S.STP, M.Si, menyampaikan sekalipun ia lahir dan besar di jakarta, ibunya Hj. Megawati Hasibuan merupakan alumni pertama MAN 1 Palas, tamatan tahun 80- an.
 
"Hari ini saya mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, dimana ibu saya bersekolah dan menimba ilmu," tuturnya.
 
Edy Junaedi menambahkan, pendidikan merupakan hal penting dan prioritas dalam meningkatkan kwalitas sumber daya manusia (SDM). 
 
Hal ini sejalan dengan visi kabupaten Padanglawas, dalam mewujudkan Palas yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya). 
 
Ketua Komite MAN 1 Padang Lawas, Suwandi Siregar, SH di dampingi sekretaris, Syarifuddin Daulay, S.Ag dan bendahara H. Idaham Butar Butar menyampaikan terimakasih kepada Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset beserta seluruh tenaga pendidik.
 
Karena selama tiga tahun sudah mendidik dan membimbing anak-anak, siswa-siswi kelas XII yang akan menyelesaikan pendidikan di MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset tahun pelajaran 2023-2024.
 
Apalagi dari 368 anak-anak siswa-siswi yang akan tamat, Alhamdulillah 148 orang diantaranya telah berhasil lulus dan diterima masuk di berbagai perguruan tinggi negeri, baik yang ada di Sumatera maupun dil luar Sumatera,kata Suwandi Siregar.
 
Namun yang terpenting, tambahnya, mengingat sarana dan prasarana pendidikan di MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset masih butuh perhatian, maka diminta perhatian serius dan partisipasi dari pemerintah daerah.