BERITA

MEDIA sosial, seperti Tik Tok, Facebook, dan WhatsApp ramai dengan video bertuliskan bahwa "Prabowo menang di MK Aceh langsung kibarkan bendera GAM, langsung keluar dari Indonesia." Video tersebut diiringi suara azan khas Aceh.

HASIL CEK FAKTA

Seperti diketahui Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh permohonan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024  yang diajukan oleh kubu Paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar maupun Paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, pada Senin (22/4/2024). Dengan demikian paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tetap menjadi pemenang Pilpres 2024 seperti yang ditetapkan KPU sebelumnya.

Paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) sendiri diketahui menang telak di Provinsi Aceh berdasarkan hasil rekapitulasi suara nasional Pilpres 2024, dengan meraup 2.369.534. Posisi kedua ditempati Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan raupan 787.024 suara, disusul Ganjar Pranowo-Mahfud MD di posisi ketiga dengan 64.677 suara.

Namun secara nasional Prabowo-Gibran menang di 24 provinsi, Anies-Muhaimin unggul di dua provinsi yakni Sumatera Barat dan Aceh, sedangkan Ganjar-Mahfud belum menang di provinsi manapun. Begitupun Paslon 01 Anies-Muhaimin dan Paslon 03 Ganjar-Mahfud menuduh Paslon 02 Prabowo-Gibran melakukan kecurangan sehingga menjadi Sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi. Tetapi Mahkamah Konstitusi kemudian memutuskan Prabowo-Gibran tidak melakukan kecurangan yang dituduhkan sehingga menjadi pemenang Pilpres 2024 yang sah.

Putusan MK tersebut diduga berhubungan dengan beredarnya video tentang kemenangan Prabowo yang disebutkan membuat Aceh langsung kibarkan bendera GAM, langsung keluar dari Indonesia, mengingat di Provinsi Aceh  tercatat Paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar lah yang menjadi pemenang Pilpres 2024. Video itu sudah dishare berkali-kali di Whatsapp. Penelusuran GoSumut.com ternyata video itu bersumber dari Tik Tok dan Facebook. Bahkan di Tik Tok cukup ramai akun yang menyebarkan video tersebut dengan beragam narasi, seperti "Dampak Paslon 02 Dimenangkan MK, Bendera GAM berkibar lagi."

Kalimat dengan bahasa daerah Aceh juga mewarnai cover video tersebut. Misalnya, "peu thee bak donya" yang berarti "kabarkan ke seluruh dunia" dan "kru semangat" atau "tetap semangat".

Tetapi berdasarkan penelusuran GoSumut.com selanjutnya ditemukan bahwa video tersebut merupakan upacara pengibaran bendera dalam pelaksanaan ulang tahun Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke-47 yang diperingati setiap tanggal 4 Desember saban tahun. Upacara penyebaran bendera GAM dalam video itu sendiri dilaksanakan di Lapangan Sirong, Kecamatan Syamtalira Aron, Kabupaten Aceh Utara pada Senin, 3 Desember 2023 lalu.

Artinya, video yang beredar di berbagai media sosial tersebut adalah video lama. Sama sekali tidak berhubungan  dengan kemenangan Prabowo di MK. Video ini adalah hoaks karena menyebutkan Aceh langsung kibarkan bendera GAM, langsung keluar dari Indonesia setelah Putusan MK menangkan Prabowo-Gibran.

Video asli upacara pengibaran bendera dalam pelaksanaan ulang tahun Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke-47 itu juga bertebaran di berbagai akun Tik Tok pada 4 Desember 2023 lalu. Tampak perayaan ulang tahun GAM yang diiringi dengan lantunan azan dan juga hikayat prang sabi  itu dihadiri oleh ratusan warga. Acara tersebut juga mendapatkan pengamanan dari gabungan TNI dan Polri sehingga acara milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) berlangsung dengan aman dan damai saat itu.

Pemberitaan tentang upacara pengibaran bendera dalam pelaksanaan ulang tahun Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke-47 itu juga muncul di berbagai media siber, seperti Berita Merdeka Online pada 4 Desember 2023 dan Viva.co.id pada 6 Desember 2023.

Video "Prabowo Menang di MK Aceh Langsung Kibarkan Bendera GAM, Langsung Keluar dari Indonesia" semakin ketahuan hoaks mengingat Prabowo justru bersahabat dengan mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka Muzakir Manaf. Bahkan Muzakir Manaf yang kini adalah Ketua Umum Partai Aceh merupakan ketua tim pemenangan Prabowo-Gibran di Provinsi Aceh pada Pilpres 2024 barusan.

KESIMPULAN

Video yang beredar di media sosial "Prabowo menang di MK Aceh langsung kibarkan bendera GAM, langsung keluar dari Indonesia dapat dipastikan sebahagi hoaks. Penelusuran GoSumut.com  menemukan bahwa video tersebut merupakan upacara pengibaran bendera dalam pelaksanaan ulang tahun Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke-47 yang diperingati setiap tanggal 4 Desember saban tahun. Upacara penyebaran bendera GAM dalam video itu sendiri dilaksanakan di Lapangan Sirong, Kecamatan Syamtalira Aron, Kabupaten Aceh Utara pada Senin, 3 Desember 2023 lalu.Kesimpulannya video yang beredar di berbagai media sosial tersebut adalah video lama. Sama sekali tidak berhubungan  dengan kemenangan Prabowo di MK. *

RUJUKAN

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240422090721-617-1088830/mk-tolak-gugatan-anies-ganjar-prabowo-gibran-pemenang-pilpres-2024

https://m.antaranews.com/berita/3888372/prabowo-sebut-punya-hubungan-emosional-dengan-aceh
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230927161022-617-1004510/partai-aceh-dukung-prabowo-klaim-misi-menang-telak-lagi-di-aceh

https://www.viva.co.id/trending/1664734-viral-bendera-bulan-bintang-berkibar-di-aceh-saat-gam-gelar-ulang-tahun-diiringi-azan

https://www.beritamerdekaonline.com/2023/12/ratusan-kombatan-gerakan-aceh-merdeka-gam-peringati-milad-gam-ke-47/

https://vt.tiktok.com/ZSFvPLP3a/

https://vt.tiktok.com/ZSFvfGVeK/

https://vt.tiktok.com/ZSFvfmNmb/

https://vt.tiktok.com/ZSFvfDbns/