PADANGSIDIMPUAN - Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan melalui Dinas Pertanian menggelar gerakan tanam cabai merah di Kelurahan Hutaimbaru, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Senin (22/4/2024). Pj Wali Kota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe menyebutkan bahwa kegiatan penanaman cabai merah ini merupakan kegiatan yang baik dan harus ditinggkatkan.

"Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Instansi terkait, Camat, para petani yang telah berpartisipasi dalam kegiatan pertanam Cabai hari ini," ujar Letnan.

Ianya berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan dilaksanakan di masa yang akan datang. Pertaman ini menjadi salah satu wujud keseriusan kita dalam pengendalian inflasi daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Edi Darwan Harahap, dalam laporannya menjelaskan bahwa bibit yang akan ditanam merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Provsu).

"Banyak bibit bantuan dari Provsu ini untuk pertanaman 10 Ha lahan yang terbagi di dua Kecamatan, yakni 5 Ha di Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru dan 5 Ha di Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu," ucap Edi Darwan Harahap.

Untuk pertanaman di Saba Jambu ini seluas 1500 m dan sisanya ada di beberapa titik lokasi di Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru.

"Adapun jenis varietas bibit yang ditanam ini adalah CMT TAPI," tambah Edi.

Sebelumnya diawal kegiatan, Ketua Poktan Dos Ni Roha Mhd Halilintar menyampaikan seraya memohon agar Pemko Padangsidimpuan dapat melanjutkan saluran irigasi di Saba Jambi, agar sawah yang ada disekitar ini pengairannya semakin baik.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan OPD, Kepala Desa se Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru serta Kelompok Tani.