Toba - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Toba Prov.Sumut menggelar kegiatan Kemah Bakti Pramuka Penggalang dan Penegak tahun 2024 bertempat di lapangan SMP Negeri 1 Siantar Narumonda Kecamatan Siantar Narumonda Sabtu, (20/4/2024).

Ketua Pelaksana kegiatan Pramuka Kemah Bhakti Pramuka Penggalang dan Penegak Dinas Pendidikan Pemuda dan olah raga Kabupaten Toba Rikardo Hutajulu Kadis Diknas Toba dalam lporannya yang dibacakan Kakak Andalan Cabang Urusan Binawasa/Kapusdiklat Cabang Pramuka Toba Dra.Risma HB Napitupulu,M.Pd menyampaikan,

Kegiatan Pramuka "Kemah Bhakti Pramuka Penggalang dan Penegak Dinas Pendidikan Pemuda dan olah raga Kabupaten Toba" sesuai jadwal dilaksanakan selama Dua hari, Sabtu dan Minggu, (20-21/04/2024) dengan sekolah peserta 12 SMP dan 8 SMA se Kabupaten Toba.

Untuk peserta didik dari masing masing sekolah mengirimkan peserta didik Pramuka sekolahnya 2 Putra dan 2 Putri dengan jumlah 160 orang peserta didik Pramuka berikut 40 orang Pembina dan Pendamping.

Lebih lanjut disampaikannya, Kemah bakti adalah rekreasi edukatif dialam terbuka yang bertujuan sebagai sarana pembina pengetahuan, persaudaraan, kerukunan dan perdamaian yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Toba melalui Bidang Pembinaan Kepemudaan.

Tujuan kegiatan dilaksanakan, membentuk watak, meningkatkan sikap lemandirian, keyerampilan, persatuan dan kesatuan serta komitmen yerhadap penghayatan dan pengalaman kehormatan Pramuka "Try Satya dan Dasa Darma".

Kegiatan ini membawa Tema "Wujudkan Pramuka Penggalang dan Penegak yang berkarakter, Peduli dan Mandiri" dengan Motto "Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan".

Dikegiatan perkemahan yang digelar memiliki Tatanan Induk Perkemahan yang merupakan sebagai landasan kehidupan peserta diperlukan dalam rangka menciptakan kehidupan yang harmonis.warga perkemahan diibaratkan penduduk dalam suatu kabupaten yang dikelola oleh seorang Bupati perkemahan.dimana Kabupaten itu dibagi dengan Kecamatan Putra dan Kecamatan Putri yang selanjutnya dibagi dengan Kelurahan Putra dan Kelurahan Putri.

Dalam sambutannya Bupati Toba Poltak Sitorus yang dibacakan Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Toba Sandi Sibuea menyampaikan, seyogianya kegiatan ini akan dibuka secara resmi oleh Bupati Toba bersama Kepala Dinas Pemdidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Toba Rikardo Hutajulu.namun dikarenakan ada jadwal kegiatan Pemerintahan yang tak bisa dittinghal dan diwakilkan maka beliau melalui Krpala Dinas menugaskannya kepada kami.ucap Sandi Sibuea Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab.Toba

Lanjutnya dalam sambutan dan amanahnya Bupati Toba, Gerakan Pramuka hendaknya menjadi wadah menempah diri untuk senang bekerja keras secara cerdas dan ikhlas.bentuk sikap dan perilaku yang positif dari sejak dini melalui beragam kegiatan Gerakan Pramuka yang memiliki Try Satya dan Dasa Darma.

"Kaum muda haruslah menjadi agen dan pelopor perubahan, Bangsa dan Negara.bangsa ini akan menjadi maju dan sejahtera bila generasi muda berperan karya nyata".

Jadikanlah Kemah Bakti ini menjadi satu alat bagi kalian untuk memupuk rasa keperdulian terhadap sesama, Lingkungan, Masyarakat, Bangsa dan Negara.

Tak luput Bupati Toba Poltak Sitorus juga dalm amanahnya menyampaiakan salam dan terima kasihnya kepada para kakak Instruktur/Pembina Pendamping, Bimbinglah adik - adik secara terus menerus dan berkelanjutan, dampingi mereka, bantu mereka dalam memecahkan berbagai maslah bila diperlukan.

Keberhasilan adik - adik kita ini dalam menemukan jati dirinya masing masing, tidak terlepas dari tangan dingin kakak - kakak Instruktur/Pembina Pendamping semuanya.ucap Sandi Sibuea menyampaikan amanah dan sambutan Bupati Toba.

Terpisah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Provinsi Sumatera Utara diwakili Kepala sekolah SMA Negeri 1 Siantar Narumonda Jasa P Sitorus,S.Pd.MM kepada gosumut.com menyampaikan, melalui pengalaman Satya dan Darma Pramuka kita berharap, melalui Gerakan Pramuka ini akan menjadi wadah yang ideal dab efektif dalam menanamkan nilai nilai Moral dan Spritual bagi para generasi muda bangsa khususnya di Kabupaten Toba.

Sehingga apa yang dicanangkan di Kabupaten Toba diharapkan dapat tercapai menjadi Toba Unggul dan Bersinar dengan pribadi Pramuka Naraja yang Marugamo (Peduli), Maradat (Santun), Naparuhum (Taat Hukum), Namarparbinotoan (Cerdas).ucaapnya mewakili Kacabdis Wilayah VIII Prop.Sumut.