SAMOSIR - Polres Samosir menggelar tes kesamaptaan jasmani berkala periode I tahun anggaran 2024 bagi personilnya di Lapangan Mako Polres Samosir, Jumat (3/5/2024) untuk menyiapkan fisik yang prima dalam menjalankan tugas. Kegiatan rutin ini diselenggarakan bagian Sumber Daya Manusia (SDM) sebanyak dua kali dalam setahun untuk menilai sejauh mana kekuatan fisik serta kesehatan jasmani personil Polres Samosir guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
 
Tes kesamaptaan diikuti seluruh personil Polres Samosir, Polsek Jajaran dengan jumlah keseluruhan 237 orang personil. 
 
Sebelumnya, seluruh personil di lakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu, yakni cek tanda-tanda vital (tekanan darah, HR, berat badan) sebelum mengikuti kesamaptaan jasmani. 
 
Usai dinyatakan layak mengikuti tes kesamaptaan, dilanjutkan dengan kegiatan pemanasan, guna menyegarkan badan agar tidak terjadi kesalahan fisik pada saat mengikuti tes kesamaptaan. 
 
Kabag SDM Polres Samosir, Kompol. MS Ritonga, SH, MH menyampaikan, kegiatan kesamaptaan jasmani rutin dilakukan sebanyak 2 kali selama setahun dan pelaksanaannya tidak menggangu pelayanan terhadap masyarakat.
 
"Adapun materi dalam tes kesamaptaan meliputi lari 12 menit, dilanjutkan dengan push up, sit up, pull up (pria), chinning up (wanita) dan shuttle run", terangnya.
 
Dijelaskan lebih lanjut, pelaksanaan kesamaptaan jasmani ini untuk mengukur dan meningkatkan kebugaran karena setiap personil Polri dituntut memiliki fisik yang prima dalam melaksanakan tugas.
 
Tes kesamaptaan jasmani juga sebagai perlengkapan 13 komponen bagi personil Polri dan personil Polres Samosir untuk dapat dinyatakan siap melaksanakan tugas dalam pelayanan kepada masyarakat, pengunjung dan wisatawan di Kabupaten Samosir.