PALAS - SMK Negeri 1 Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar perpisahan dan pelepasan 458 siswa angkatan 17 Tahun 2024, dihalaman sekolah tersebut. Pelepasan siswa dari 8 jurusan tersebut Tahun Pelajaran 2023-2024, dihadiri orangtua siswa serta Komite Sekolah.

Kepala Sekolah SMKN 1 Barumun, Bidarlis Nur Ibrahim Rangkuti ST, M.Si mengatakan, tahun ini sebanyak 458 siswa yang mengikuti pelepasan dan wisuda.

“Jadilah siswa yang mempunyai karakter kuat, tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan,” pesan Bidarlis didampingi Ketua Panitia perpisahan dan pelepasan siswa, Hendra Martua Muda Hasibuan ST, Rabu (1/4/2023).

Bidarlis menjelaskan, seluruh siswa kelas XII yang lulus tersebut, sebagian besar lebih memilih untuk memasuki dunia kerja dibanding melanjutkan pendidikan.

“Siswa yang telah menyelesaikan pendidikan ditingkat SMK ini, mayoritas lebih memilih dunia kerja," terangnya.

Kata Bidarlis, hanya sekitar 50 persen yang melanjutkan kejenjang perguruan tinggi dan Tahun 2024 ini ada sekitar 48 siswa yang masuk perguruan tinggi negeri,

Ia menambahkan, pelepasan siswa tidak hanya menjadi momen perpisahan tetapi menjadi awal babak baru dalam menatap masa depan yang lebih baik atas ilmu pengetahuan yang didapat selama 3 tahun dibangku SMK

"Kejarlah cita-citamu dengan bekal ilmu yang kuat agar meraih keberhasilan yang lebih baik dimasa depan," ujar Bidarlis.

Ia juga berpesan, jika memiliki kemampuan yang cukup, lanjutkan ke perguruan tinggi,sambil bekerja karena saat ini banyak kuliah online.

Dikesempatan itu, Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Wilayah Gunung Tua, Marwan Fauzi Batubara S.Sos mengimbau, seluruh siswa SMKN 1 Barumun dapat memanfaatkan ilmu sebagai modal dalam menghadapi perkembangan zaman teknologi yang saat ini terus berkembang.

“Salah satunya menjadi wirausaha muda dengan memanfaatkan media online yang ada. Dunia usaha kreatif saat ini, telah banyak mencetak orang meraih kesuksesan," pesannya.

Ia juga berharap, siswa SMK mampu mengembangkan peluang bisnisnya serta memasarkan produknya di media online untuk meraih keberhasilan.

"Memanfaatkan peluang kegiata untuk meningkatkan kualitas diri, mensejahterakan keluarga serta membangun Kabupaten Padanglawas harus lebih jeli dan paham," pesannya.

Ia mengingatkan, sebagai generasi muda yang hebat harus jeli melihat dan memanfaatkan peluang yang ada untuk menjadi orang sukses dimasa depan.

Turut hadir dikegiatan pelepasan siswa, Sekretaris Disdikbud Palas, M.Syahdin Daulay S.PdI MM, Kabid Dikdas Disdikbud Palas, Ahmad Damhuri SE, Kepala SMA N 1 Barumun, Ikhsanul Nasir Hasibuan S.Ag, MM, Sekretaris PGRI Syukri Lubis S.Pd dan sejumlah Kepala Sekolah.