PALAS - Pj Bupati Padanglawas, Dr. Edy Junaedi Harahap, S.STP., M.Si mengunjungi destinasi wisata Candi Sipamutung yang berlokasi di Kecamatan Barumun Tengah. Candi Sipamutung ini merupakan salah satu candi bercorak Buddha peninggalan Kerajaan Pannai di Kompleks Percandian Palas. 
 
Secara administratif, candi ini terletak di Desa Siparau, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Palas, Provinsi Sumatera Utara,bangunan Candi Sipamutung di diperkirakan didirikan pada abad ke -9.
 
Untuk mencapai lokasi candi, harus melintasi jalan aspal hanya sampai di Desa Binanga. Selanjutnya dari Gapura melewati jalan Desa sepanjang 3 Km. Kemudian meniti jembatan gantung yang berada di atas sungai Barumun.Setelah itu akan menemukan Komplek Candi yang berjarak lebih kurang 1 km dari Desa siparau. 
 
Dikompek bangunan Candi Sipamutung di kelilingi 5 desa sebagai salah satu objek destinasi wisata budaya peninggalan sejarah dimasa lampau.
 
Melihat kondisi akses jalan menuju Candi Sipamutung tersebut, Pj Bupati harus menempuhnya dengan berjalan kaki agar sampai ke Candi Sipamutung.
 
"Perlu perhatian untuk akses jalan kelokasi Candi Sipamutung ini, sehingga kita berupaya untuk berkordinasi dengan pemerintah Provinsi Sumut dan pusat untuk menanggani akses jalan kelokasi ini agar lebih mudah,"katanya, Sabtu (27/4/2024).
 
Diakui Pj Bupati, untuk sampai ke lokasi komplek candi Sipamutung, memang tidak mudah karena kondisi jalannya masih bebatuan. Sepanjang perjalanan, akan melewati kebun sawit dan permukiman warga.
 
Dikesempatan itu, Edy Junaedi mengajak, masyarakat dan stakeholder terkait untuk bersama melestarikan destinasi yang dimiliki Kabupaten Palas, khususnya generasi muda. 
 
Ia berharap, objek destinasi wisata Candi Sipamutung ini ada pengembangan infrastruktur jalan sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada disekitar destinasi wisata guna mendorong pendapatan ekonomi masyarakat.
 
Turut mendampingi Pj Bupati Palas, Kadis Pemuda Dan Olahraga Dan Pariwisata M.Rasyidi Hasibuan, S.Pd, Kabag Tapem, Camat dan para kepala desa serta Perangkat Desa dan masyarakat sekitar Candi.