PALAS - Kondisi jalinsum Sibuhuan menuju Kecamatam Sosa amblas. Kondisi ini, sangat berbahaya dan mengancam keselamatan penguna jalan yang melintas. Pantauan Go Sumut, Minggu (28/4/2024 ), ambalasnya jalinsum tepatnya di dekat jembatan Desa Bulusonik, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padanglawas, hampir memakan ruas jalan, sehingga mempersempit badan jalan.
 
Tampak, sejumlah kendaraan yang melintas sangat berhati-hati karena kondisi jalan yang rawan dan bila tidak ditangani secepatnya oleh pihak Dinas Bina Marga Provinsi Sumut, bisa mengakibatkan akses utama jalinsum menuju Kecamatan Sosa putus total.
 
Kepala Desa Bulosonik, Ali Aman Nasution mengatakan, pengaspalan jalinsum yang baru selesai dikerjakan beberapa bulan lalu, kini kondisi tersebut sangat mengamcam penguna jalan yang mengunakan kendaraan lalu lalang setiap hari di wilayah tersebut.
 
Ia mengkhawatirkan pengendara yang melintas di malam hari, akan terjerumus ke dalam lubang jurang disisi kiri jembatan kalau kurang berhati - hati.
 
Pasalnya, penerangan lampu jalan di sekitar jalinsum tersebut tidak ada,
hanya plank peringatan dari Polres Palas yang terletak disekiat lokasi "hati -hati daerah rawan longsor,".
 
Menurutnya, plank peringatan yang diletakan disekitar jalinsum yang longsor tersebut, sebagai tanda peringatan bagi pengendara yang melintas dikawasan tersebut agar lebih berhati-hati.
 
Warga setempat yang sering melintas berharap, pemerintah provinsi Sumut melalui UPTD Bina Marga Gunung Tua atau Dinas PU Provinsi dapat segera menangani ruas jalinsum tersebut.
 
"Kalau tidak ditanggulangi secepatnya pasti ruas jalan ini akan putus total sehingga menyulitkan bagi penguna jalan yang melintas," ungkap salah seorang warga mengaku bermarga Harahap.
 
Dia juga mengatakan, kondisi jalinsum ini sangat berbahaya apalagi bagi pengguna jalan yang belum tahu seluk beluk jalur tersebut.
 
"Terlebih di malam hari, kondisi jalan yang penerangannya tidak ada disekitar lokasi yang longsor, bisa mengancam pengguna jalan. Kami mohon agar instansi terkait khusus Dinas Bina Marga Provinsi Sumut segera menanggulangi longsornya jalinsum ini sebelum menelan korban jiwa," beber Harahap.
 
Jalinsum Sibuhuan-Sosa amblas, tepatnya didekat jembatan Desa Bulusonik,Kecamatan Barumun,ancam keselamatan penguna jalan yang melintas.