BERITA

SATU-dua pekan terakhir banyak beredar informasi dan berita di media sosial dan media mainstream bahwa foto  Prabowo-Gibran sebagai presiden-wakil presiden terpilih pada Pilpres 2024 mulai diproduksi, bahkan sudah diperjualbelikan oleh pedagang di pasar berbagai daerah Indonesia untuk dipajang di instansi, kantor, dan rumah-rumah.

HASIL CEK FAKTA

Informasi di media sosial dan media mainstream menyebutkan bahwa foto  Prabowo-Gibran sebagai presiden-wakil presiden terpilih pada Pilpres 2024 bukan hanya mulai diproduksi, tetapi juga sudah diperjualbelikan oleh pedagang di pasar berbagai daerah Indonesia dengan harga Rp150 ribu hingga Rp300 ribu per pasang. Foto H. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada gambar yang disiarkan oleh sejumlah media itu bersetelan jas dan kopiah, lengkap dengan tanda pin presiden dan wakil presiden yang berlatar belakang foto bernuansa krim kecokelatan. Latar belakang ini mirip dengan foto resmi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019 - 2024 Ir. H. Joko Widodo dan K.H Ma'ruf Amin saat ini.

Seperti diketahui KPU telah menetapkan Prabowo dan Gibran sebagai pasangan terpilih dalam Pilpres 2024. Penetapan itu dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan menolak seluruhnya permohonan sengketa hasil Pilpres 2024 pada Senin, 22 April 2024.

Begitu pun, bukan berarti foto Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden boleh diperjualbelikan di pasar dengan bebas, mengingat Prabowo masih menjabat Menteri Pertahanan dalam kabinet Presiden Jokowi-Wakil Presiden Ma'ruf Amin sampai pelantikannya yang dijadwalkan 20 Oktober 2024. Ada pun Gibran Rakabuming Raka masih menjabat Walikota Solo. Apa lagi belum ada foto resmi Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden terpilih yang dirilis oleh Sekretariat Negara sampai kini.

Penelusuran GoSumut.com pada situs resmi Sekretariat Negara (Setneg) yaitu https://www.setneg.go.id yang tersedia masih foto Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019 - 2024 yaitu Ir. H. Joko Widodo dan K.H Ma'ruf Amin saat ini. Foto Presiden dan Wakil Presiden dengan latar belakang yang bernuansa krim kecokelatan ini boleh diunduh dan dicetak dalam berbagai ukuran. Tapi sama sekali  belum ada foto resmi Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden terpilih dirilis oleh Sekretariat Negara melalui situs resmi ini.

Artinya, bisa dipastikan  foto berpigura Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden terpilih pada Pilpres 2024 yang dijajakan oleh pedagang di berbagai pasar Indonesia merupakan informasi tidak valid alias salah. Iya, benar bahwa peristiwa yang disampaikan adalah pedagang menjual foto Presiden dan Wakil Presiden periode 2024 - 2029,  namun dapat dipastikan bahwa foto tersebut hasil editan karena  belum ada foto resmi yang dirilis oleh Setneg.

Merujuk pengalaman periode sebelumnya, Sekretariat Negara baru mengeluarkan Surat Edaran tentang Foto Resmi Presiden dan Wakil Presiden Rl sepekan sebelum pelantikan. Surat Edaran berkop Sekretariat Negara itu  ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara dan ditujukan ke para pimpinan lembaga negara hingga para kepala perwakilan RI di luar negeri. Sekretariat Negara kemudian akan meminta semua lembaga tersebut untuk mengunduh foto resmi dimaksud melalui website Kementerian Sekretariat Negara, yaitu www.setneg.go.id, supaya penggunaan foto resmi Presiden dan Wakil Presiden RI dapat dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Karena itu, berdasar pengalaman tersebut, maka foto resmi Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden periode 2024 - 2029 seyogianya baru dirilis oleh Setneg sepekan sebelum pelantikan mereka pada 20 Oktober 2024 mendatang.

KESIMPULAN

Berdasar cek fakta di atas dapat disimpulkan bahwa  bahwa foto  Prabowo-Gibran sebagai presiden-wakil presiden terpilih pada Pilpres 2024 yang diperjualbelikan oleh pedagang di pasar berbagai daerah Indonesia, sebagaimana  informasi dan berita di media sosial maupun media mainstream adalah tidak valid alias salah. Foto-foto tersebut tidak resmi. Soalnya,  Sekretrariat Negara belum merilis foto resmi Presiden dan Wakil Presiden periode 2024 - 2029 sampai kini. *

RUJUKAN

https://nasional.tempo.co/amp/1860462/prabowo-gibran-akan-dilantik-begini-aturan-memasang-foto-presiden-dan-wapres

https://www.setneg.go.id/baca/index/foto_resmi_presiden_dan_wakil_presiden_ri_periode_2019_sd_2024

https://www.antarafoto.com/id/view/2187951/foto-prabowo-gibran-sebagai-presiden-dan-wakil-presiden-mulai-diperjualbelikan

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240424163138-12-1090041/pigura-foto-prabowo-gibran-dijual-rp75-150-ribu-per-pasang-di-solo

https://vt.tiktok.com/ZSFc5Thjk/