SAMOSIR - Dalam upaya menjamin keamanan serta kelancaran proses jual beli, Rabu (24/4/2024) tim Ulu Balang Polres Samosir berpatroli di pusat pasar tradisional Onan Baru Pangururan yang merupakan pasar utama di Kabupaten Samosir.

Patroli rutin ini, di bawah pengawasan Kasat Samapta, AKP. Tito Juardi, dan tim ini terdiri dari 5 anggota yang telah ditugaskan untuk menjaga stabilitas keamanan, khususnya saat hari-hari ramai di Kabupaten Samosir.

Di bawah komando Aipda. B.A Simalango, tim Ulu Balang, sebelum melakukan patroli terlebih dulu menerima arahan dari AKP. Tito Juardi untuk bertindak dengan humanis dan menjaga citra positif Polri di mata masyarakat.

Tujuan utama patroli menjaga kelancaran arus lalu lintas dan memberikan rasa aman kepada pedagang dan pembeli. Tim Ulu Balang melakukan patroli di jalur-jalur rawan macet serta mengatur lalu lintas di sekitar pasar Onan Baru, dan dilanjutkan dengan patroli jalan kaki di dalam pasar untuk mencegah tindak pidana, seperti pencurian.

Selama patroli, Tim Ulu Balang tampak memberikan himbauan kepada masyarakat pedagang dan pembeli, termasuk juru parkir untuk menjaga ketertiban, pedagang dan pembeli untuk menjaga barang-barang berharga mereka, dan pengendara untuk mengurangi kecepatan di sekitar pasar.

Tidak lupa, tim juga mengimbau para pedagang untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Usai patroli di lingkungan pasar, tim Ulu Balang melanjutkan ke Kantor KPU dan gudang logistik Pemilu 2024 Kabupaten Samosir sebagai langkah preventif karena lokasi kantor KPU dan gudang logistik Pemilu, ramai dilalui kendaraan.

Kasi Humas Polres Samosir, Brigadir. Vandu P. Marpaung menyampaikan, patroli tim Ulu Balang telah berhasil menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi pedagang dan pembeli di Pasar Onan Baru.

"Tim berkomitmen untuk terus menjaga keamanan dan kelancaran proses jual beli, serta memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024 di Kabupaten Samosir", kata Vandu.