SAMOSIR - Guna mencegah gangguan keamanan, ketertiban masyarakat dan cipta kondisi, Polres Samosir, Sabtu (20/4/2024) mulai pukul 22.00 WIB hingga Minggu (21/4/2024) di hari melakukan patroli dipimpin Perwira pengawas, IPDA. Imam Siregar, SH. Patroli dimulai dengan apel pengecekan personil dan pemberian arahan kepada anggota yang terlibat. Personil ditugaskan untuk melaksanakan tugas masing-masing, termasuk pengaturan arus lalu lintas, patroli dialogis ke objek vital, dan pengawasan ke area keramaian seperti Water Front City dan Jembatan Tano Ponggol.
 
Tujuan utama patroli untuk mencegah terjadinya tindak pidana jalanan seperti aksi begal, balap liar, dan kegiatan lain yang mengganggu ketertiban masyarakat.
 
Personil Sat Lantas dan Sat Samapta ditugaskan untuk pengaturan arus lalu lintas dimulai dari Simpang Tiga Jl. SM Raja, Bundaran Hotel Wisata, depan SPBU dan Simpang Tiga BRI Jl. UAS Parnoto.
 
Personil Sat PAM Obvit melaksanakan patroli dialogis ke lokasi objek vital di SPBU, kantor Bank, Rumah Dinas Bupati, pasar modern, Lapas, Kantor Pegadaian dan Kantor PLN. 
 
Sedangkan Personil piket melaksanakan patroli di seputaran kota Pangururan, lokasi keramaian seperti warung/kedai yang masih buka, water front city, simpang 4 Jl. Gereja dan di lokasi Jembatan Tano Ponggol.
 
Pelaksanaan patroli menunjukkan keberhasilan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Polres Samosir, sebab tidak ditemukan kendaraan dengan knalpot blong, kegiatan balap liar, atau tindak pidana lainnya di tempat-tempat keramaian.
 
Arus lalu lintas pun berjalan lancar, dan situasi di objek vital seperti SPBU, kantor Bank, pasar modern, kantor-kantor pemerintahan dan kegiatan wisata di Lokasi Water Front City dan Jembatan Tano Ponggol terjaga dengan baik.
 
Kasi Humas Polres Samosir, Brigadir. Vandu P. Marpaung menyampaikan, patroli yang berlangsung hingga Minggu dini hari demi menjaga keamanan masyarakat dan kenyamanan pengunjung atau wisatawan, terutama selama kunjungan wisata di Water Front City dan Jembatan Tano Ponggol.
 
"Selama patroli, arus lalu lintas lancar, tidak ditemukannya hal-hal yang mencurigakan yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas", ujar Vandu.
 
Kepada para pengendara, Polres memberikan arahan serta himbauan agar tidak parkir dan beristirahat di jembatan Tano Ponggol. 
 
"Keberhasilan patroli ini menjadi bukti efektivitas dalam menciptakan kondisi yang aman dan nyaman menjelang ibadah Minggu gereja pada pagi hari", tutup Brigadir. Vandu P. Marpaung.