MADINA - Mengantisipasi terjadinya banjir yang disebabkan tersumbatnya saluran irigasi, Dinas PUPR Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melakukan pembersihan. Pembersihan itu dilakukan bersama masyarakat yakni perwakilan dari Badan Exekuti Mahasiswa (BEM), tepatnya di Desa Darussalam, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal pada Jumat (19/4/2024).
 
Dalam kegiatan itu pun terlihat Kadis PUPR Madina Elpi Yanti bersama warga membersihkan sampah yang berada di dalam saluran irigasi.
 
Elpi mengatakan pemberisihan saluran irigasi di desa ini tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya banjir. Dan untuk menghindarinya pemerintah daerah dan masyarakat bersama-sama melakukan pembersihan. 
 
"Masalah utamanya (seringkali terjadinya banjir) adalah sampah, maka untuk itu dihimbau masyarakat supaya tidak buang sampah sembarangan. Kemudian ini pun nantinya akan dilakukan pengerukan sidimen," katanya.
 
Kemudian mengenai adanya keluhan masyarakat terkait tanggul yang jebol sepanjang sekira empat meter, pihaknya akan segera menindaklanjutinya. 
 
"Hal itu segera akan kita tindak lanjut," imbuhnya. 
 
Sementara itu kordinator daerah BEM se-Madina Kahirul Amri menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama dengan Dinas PUPR Madina. 
 
Dengan adanya kegiatan seperti ini sehingga dapat mengedukasi masyarakat bahwa pentingnya menjaga lingkungan.