MEDAN-Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota mengadakan pelatihan Read Aloud bagi kader PKK setempat. Pelatihan Read Aloud ini bertujuan untuk mengkampanyekan gerakan gemar membaca kepada Warga Kelurahan Teladan Barat.
 
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Lurah Teladan Barat, Juni Hardian di Aula Kantor Kelurahan Teladan Barat, Kamis, (2/6/2022).
 
Langkah yang diambil Lurah Teladan Barat ini sejalan dengan semangat Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution dalam visi dan misinya memajukan Kota Medan.
 
Selain itu, dalam rangka meningkatan Indeks literasi masyarakat di Kota Medan, beberapa waktu lalu juga Pemko bersama DPRD tengah membuat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penyelenggaraan Perpustakaan yang bertujuan salah satunya untuk meningkatkan minat baca masyarakat.
 
Dalam rangkaian acara itu juga Ketua TP PKK Kota Medan, Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kota Medan periode 2021 - 2026.
 
Kegiatan yang diawali dengan pembacaan naskah Pengukuhan ini dilakukan oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI. Selanjutnya dilakukan penyematan Selempang kepada Bunda Literasi Kota Medan.
 
"Dengan membaca kita dapat meningkatkan intelektualitas dan kuantitas emosional untuk menjadi pribadi yang lebih matang , terutama dalam menghadapi tantangan era globalisasi saat ini," ujar Lurah dalam sambutannya.
 
Namun, lanjut dijelaskannya, ia sangat menyanyangkan saat ini rendahnya minat baca anak-anak dan masyarakat.
 
"Dalam masyarakat kita, budaya membaca merupakan budaya yang masih asing dan masih belum menjadi kebutuhan," jelas Lurah yang biasa disapa Pak Chun ini.
 
Ia mengatakan, kondisi ini tentunya menimbulkan keprihatinan, untuk itu pihaknya melakukan bebagai kegiatan yang menarik minat anak-anak dan masyarakat untuk mulai gemar membaca , salah satunya melalui kegiatan Read Aloud ini.
 
"Tidak mudah meningkatkan minat baca di tengah digitalisasi seperti saat ini. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya. Bagaimana menumbuhkan minat baca bagi masyarakat. Membaca bisa langsung pada buku atau melalui referensi berbasis online. Kita harus memberi stimulus pada dua hal itu" katanya.
 
Kita harapkan, kaya Lurah, berbagai program minat baca yang telah diluncurkan oleh Pemko Medan dapat dikolaborasikan bersama. Sehingga, dapat terus memancing minat baca bagi seluruh masyarakat luas.
 
"Saya juga mendorong Kepala Lingkungan dan Kader PKK Kelurahan Teladan Barat untuk terus menggelorakan pada seluruh warganya, dengan membuat pojok baca dalam setiap ruang pelayanan publik, Kepala Lingkungan dan Kader PKK terus kami pesankan agar mensosialisasikan serta mendorong minat baca di ruang publik, contohnya bisa memanfaatkan Taman Teladan," pungkasnya.
 
Terpisah, Camat Medan Kota, HT Chairuniza menyambut baik kegiatan Read Aloud yang diadakan Kelurahan Teladan Barat ini.
 
Kegiatan sinergi antara kelurahan dan masyarakat diharapkan dapat meningkatkan minat baca bagi warga Kelurahan Teladan Barat.
 
"Acara ini tentu saya apresiasi dan pemerintah Kecamatan Medan Kota tentu menginginkan kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat untuk meningkatkan minat baca masyarakat," kata Camat Medan Kota.