TOBA - Ditengah adanya desakan sekelompok masyarakat supaya PT.TPL ditutup dan dicabut ijin operasinya, ternyata PT.Toba Pulp Lestari di mata masyarakat khususnya sekitar wilayah perusahaan beroperasi menyatakan, TPL membawa dampak dan pengaruh besar dalam berbagai perubahan khususnya memacu pertumbuhan pembangunan dan ekonomi wilayah.

Apalagi industri tersebut menyerap tenaga kerja potensial dari warga sekitar perusahaannya.

Kepala Desa Simpang Sigura-gura Syawal Manurung dan Kepala Desa Patane II James Butar-butar, dalam keterangan persnya Senin (17/1/2022) menyampaikan, wilayah di sekitar aktifitas industri disadari atau tidak akan mengalami dampak dengan upaya pembangunan infrastruktur pendukung dan kegiatan ekonomi pendukung lainnya dengan kehadiran perusahaan.

“Sampai saat ini, TPL selalu memberikan perhatian kepada kami masyarakat yang berada di jalur logistik. Pertama, TPL selalu cepat respon ketika ada bencana alam atau musibah lainnya yang terjadi. Baik itu kebakaran, angin puting beliung ataupun banjir bandang yang baru terjadi pada tanggal 31 Desember 2021 lalu. Dukungan tanah timbun dan gotong royong pembersihan serta konsumsinya diberikan oleh perusahaan PT.TPL.”Ungkap Syawal Manurung.

Lanjutnya, selama pandemi tahun 2021, desa Simpang Sigura-gura menerima bantuan sosial sembako sampai beberapa kali, pembangunan infrastruktur berupa perbaikan jalan rusak yang juga menjadi jalur logistik perusahaan ditambah beberapa warga desa menjadi tenaga kerja di perusahaan Pulp tersebut.dengan hal tersebut menggambarkan perusahaan menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat,” ujar Syawal.

Menurut Syawal, TPL peduli dengan masyarakat dan masyarakat merasakan manfaat kehadiran perusahaan di tengah-tengah mereka.dwngan kehadiran TPL hubungan saling menguntungkan tercipta dan dirasakan warga bagi kemajuan masyarakat dan wilayah desa.

“Terlepas dari isu yang berkembang, sesungguhnya kami tidak begitu peduli, karena kami masyarakat yang berdampingan langsung dengan perusahaan lebih tahu dan lebih merasakan manfaatnya,” pungkas Syawal menambahkan.

Hal senada juga disampaikan oleh James Butar-butar, Kepala Desa Patane II, bahwa dengan hadirnya TPL ditengah-tengah masyarakat, sejauh ini dirasa telah memberikan dukungan yang cukup baik. Sama halnya dengan desa Simpang-sigura-gura yang mengalami banjir bandang di malam tahun baru lalu, respon cepat perusahaan juga sangat sigap memberikan dukungannya.

“Aktifitas warga saat itu terhenti, warga sangat terkejut dan takut dengan bencana yang tidak disangka-disangka.saat peristiwa banjir bandang menimpa warga seharusnya warga merayakan malam pergantian tahun 2021-2022 dengan sukacita, tapi malah musibah yang menimpa.

Menyikapi peristiwa bencana alam yang menimpa warga, PT.TPL menurunkan tim surveylands nya untuk melakukan survey dan koordinasi dengan pemerintah desa supaya perusahaan bisa secepatnya memberikan bantuan dan berbagi pertolongan lainnya untuk desa dan masyarakat korban banjir,” tutur James.

“TPL langsung menurunkan alat berat eskavator selama 2,5 hari untuk melakukan pembersihan dan perbaikan beberapa tanggul sungai yang jebol dan jalan jalan desa yang tertimbun lumpur dan berbagai material lainnya yang menbun jalan dan beberapa lokasi perswahan warga berikut memberikan tanah timbun sebanyak 30 dump truck untuk menutupi jalan dan tanggul yang jebol.

Disampaikannya, untuk desa Patane II sendiri di tahun 2021 menerima dukungan pertanian program Bibit Padi Jajar Legowo kepada 3 kelompok tani.satu kelompok beranggotakan 5 KK dengan pembagian bibit 5 Kg/KK.

Program tersebut dirasakan oleh warga memberikan hasil panen yang meningkat dari panen-panen sebelumnya berikut bantuan dukungan di sektor perikanan kepada 2 kelompok budidaya ikan yang ada di desa kami. ” tambah James.

Oleh karena itu, kegiatan industri tidak hanya dilihat dari kemampuan tenaga kerja, melainkan harus dilihat implikasi sosial, fisik dan ekonomi yang ditimbulkan. Kegiatan industri tidak hanya dilihat dari sudut kemampuan menciptakan produk kebutuhan masyarakat melainkan harus dilihat dari dampak sosial budaya dan bagaimana akibatnya terhadap sikap dan tingkah laku masyarakat setempat, pola konsumsi sudah berubah, dan lingkungan yang mendukung sebagai tempat tinggal masyarakat itu sendiri.pungkas James.

Syawal Manurung dan James Butar-butar dalam harapannya menyampaikan agar manfaat dari hadirnya perusahaan akan terus dirasakan oleh masyarakat. Kerjasama dan hubungan yang baik semoga terus terbina dengan baik, sehingga semakin memberikan perubahan pada kemajuan masyarakat ke depannya.harap mereka.