SAMOSIR - Aipda. Lamtro Sagala personil Bhabinkamtibmas Polsek Harian bersama Kopda. J. Baringin personil Babinsa dari Koramil Harian mengunjungi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi objek wisata Aek Sipitu Dai, Desa Aek Sipitu Dai, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir, Rabu (8/5/2024).

Kunjungan ini dilakukan sebagai bagian dari dukungan pihak Kepolisian dan TNI terhadap kemajuan pariwisata Samosir dengan menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat, khususnya kepada wisatawan yang berkunjung ke lokasi objek wisata tersebut.

Untuk diketahui, objek wisata Aek Sipitu Dai adalah objek wisata sakral yang dijadikan sebagai lokasi ritual oleh masyarakat sekitar dan pengunjung.

Lokasi tersebut juga digunakan sebagai tempat mandi, yang mata airnya diberi sekat karena kegunaannya sebagai pemandian sakral untuk membedakan tempat mandi perempuan dan laki-laki.

Disalah satu warung milik warga,
Nai Bronson Limbong, Bhabinkamtibmas dan babinsa berikan edukasi pentingnya kerjasama antara pengelola objek wisata, tiga pilar desa dan bersama masyarakat sekitar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di area tersebut.

Di sana, Aipda . Lamtro Sagala juga memberikan tips keamanan kepada pengelola objek wisata, mengingatkan mereka untuk selalu waspada terhadap potensi gangguan keamanan.

"Kepada setiap pengunjung yang datang juga harus tetap diingatkan untuk menjaga kebersihan", kata Lamtro.

Lebih lanjut, kepada masyarakat sekitar objek wisata Aek Sipitu Dai, Aipda. Lamtro Sagala juga berpesan agar selalu berperilaku sopan, dan jaga etika.

"Juga jangan mencuci piring, kain, dan buang kotoran di lokasi objek wisata Aek Sipitu Dai, agar keasrian serta kesakralannya tetap terjaga", imbau Aipda. Lamtro Sagala.

Khusus, bilamana ada barang-barang pengunjung/wisatawan yang tertinggal di sekitar lokasi objek wisata Aek Sipitu Dai, Lamtro meminta agar diamankan dan dikembalikan, atau diberikan kepada pengelola atau pemerintah desa untuk nantinya dikoordinasikan pengembalian barang tertinggal tersebut.

"Karena hal tersebut adalah nilai positif kita yang dapat meningkatkan kepercayaan wisatawan kepada masyarakat sekitar dan meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung kembali ke tempat kita", tutup Aipda. Lamtro Sagala.

Menambahi, Kasi Humas Polres Samosir, Brigadir. Vandu P. Marpaung menyampaikan pihak kepolisian dan TNI mendukung penuh kemajuan pariwisata Samosir.

"Namun, kami juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan, etika dan keamanan di tempat wisata. Kami berharap masyarakat sekitar dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua.", ucap Vandu.

Ia menyampaikan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa akan melakukan patroli dialogis rutin di sekitar area wisata untuk mencegah potensi tindak kejahatan dan memberikan rasa aman kepada pengunjung/wisatawan.

"Kami juga mengajak masyarakat setempat untuk melaporkan segala hal yang mencurigakan atau potensi gangguan keamanan", ujar Vandu.

Dengan kunjungan itu, diharapkan kolaborasi antara pengelola wisata, tiga pilar desa dan masyarakat dapat terus ditingkatkan dalam menjaga keamanan, etika dan kebersihan di tempat wisata Aek Sipitu Dai.

Hal itu juga diharapkan dapat meningkatkan daya tarik wisatawan dan guna kemajuan dan perkembangan objek wisata, yang tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dari efek tingginya kunjungan wisatawan ke objek wisata Aek Sipitu Dai.