PALAS - Akibat Jalinsum amblas, tepatnya di Desa Pagaran Dolok, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padanglawas (Palas) bus angkutan umum terjun bebas ke dalam jurang. Penumpang yang ada di dalam bus angkutan umum menuju Sibuhuan tersebut mengakibatkan 5 orang mengalami luka ringan dan 1 orang luka berat di bagian kepala.
 
Bus angkutan umum yang terjun bebas ini disebabkan kondisi jalinsum yang rusak dan amblas di sekitar lokasi Desa Pagaran Dolok. Sehingga mempersempit badan jalan. Akibat menjadi langganan truk tangki dan bus angkutan umum terjun ke dalam jurang.
 
Kapos Lantas Poksek Sosa, Aipda PH Pasaribu, SH mengatakan, kecelakaan bus umum terjun bebas ke dalam jurang karena kondisi jalan amblas dan longsor di Desa Pagaran Dolok, Kecamatan Hutaraja Tinggi.
 
Dikatakan, kondisi jalinsum menurun, sehingga tidak dapat dikendali supir angkutan umum. Akibatnya terjun bebas ke dalam jurang sedalam 5 meter yang berada disisi kanan bahu badan jalan. 
 
”Kondisi jalinsum yang sudah lama amblas dan longsor ini, hanya bisa dilewati satu kenderaan secara bergantian," ungkap Pasaribu, Minggu (5/4/2024).
 
Kata PH Pasaribu, di lokasi ini, sudah berulang kali truk dan angkutan umum terjun bebas karena dampak jalinsum yang amblas. Sampai saat ini tidak ada perhatian pemerintah provinsi untuk segera melakukan penanggulangan perbaikan.
 
"Penumpang yang mengalami luka ringan dan berat berjumlah enam orang dan sudah dirujuk ke klinik kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan," ungkapnya.
 
Salah seorang masyarakat di sekitar lokasi kejadian di Desa Pagaran Dolok, Abdurrahim Siregar mengatakan, kondisi jalinsum yang rusak parah ini kerap menjadi sumber kecelakaan laka lantas dan terjun bebas kenderaan.
 
"Ambalasnya badan jalinsum ini, semakin menyempit sehingga cukup rawan kecelakan. Dikhawatir kalau kondisi ini  dibiarkan terus akan merenggut korban jiwa," bebernya.