PALAS - Perhelatan demokrasi Pilpres dan Pileg tahun 2024 sudah selesai pemungutan dan perhitungan suara di tingkat daerah. Penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara nasional telah menetapkan hasil pilpres dan pileg.

Menjelang pesta demokrasi Pilkada serentak konsentrasi masyarakat di daerah Kabupaten Padanglawas (Palas) mulai melirik siapa bakal calon kepala daerah potensial yang akan maju di Pilkada serentak 2024 yang rencananya digelar 27 November nanti.

Kini mulai bermunculan  Bakal Calon Bupati (Bacabup) Padanglawas (Palas) potensial akan maju memperebutkan kursi ‘Palas 1’ periode 2025-2030.

Uniknya, dari berbagai informasi yang terhimpun di lapangan serta dari bincang-bincang bersama pengamat dan elit politik daerah, di Pilkada Palas  kali ini akan muncul figur muda yang enerjik sebagai calon  pasangan yang mewarnai kontestasi demokrasi.

Antara lain, saat ini saja sudah mulai ada  pergerakan sosialisasi  ditengah masyarakat yang memberikan gambaran sebagai bacabup dan bacawabup potensial yang berupaya mendapat simpati masyarakat guna mewujudkan langkah untuk menuju maju sebagai kontestan di Pilkada.

Artinya, beberapa figur  pasangan calon yang maju di Pilkada Palas akan melakukan sosialisasi dengan berlaga komitmen yang memberikan harapan untuk kepentingan rakyat.

“figur-figur bacabup dan bacawabup yang mengandeng para  elit politik daerah untuk menyatakan diri maju sebagai kontestan pilkada dengan melalukan lobi-lobi ke  tingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai politik,” kata pengamat politik daerah, Suwandi Siregar, Jumat (3/4/2024).

Rencananya, atas bantuan oknum elit politik daerah tersebut, beberapa figur Bacabup akan mendapat restu diusung partai politik di Pilkada Palas nanti.

Opsi lain, jika tidak mulus dan  terwujud mendapat restu dan dukungan partai politik, kemungkinan para bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati  akan maju lewat jalur perseorangan atau dikenal dengan istilah independen.

Sejumlah Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat yang ditemui dalam bincang -bincang seputar pilkada Palas mengakui, figur -figur potensial yang akan maju di Pilkada nantinya memilik kapabilitas dan ektabilitas yang mampu mengiring opini publik sebagai strategi untuk mengumpul kekuatan dukungan.

Dikancah politik itu dinamis dan bisa saja nanti ada tiga atau lebih bapaslon yang maju di Pilkada Palas .Saat ini, kita hanya membicarakan pergerakan yang terlihat di tengah masyarakat ” sebut Ketua Badan Pemangku Adat (BPA) Kabupaten Palas, Sutan Parlindungan Hasibuan.

Cabup potensial dan memiliki Ektabilitas yang mampu menjadi idola ditengah masyarakat.

Terpisah, Ali Mansur Lubis, salah seorang pengurus partai politik di Palas  mengatakan, figur  Bacabup yang potensial maju di Pilkada Palas yang telah menguat saat ini ditengah masyarakat, pasangan H.Sarmadan Hasibuan -Ifdal Hasayangan Harahap.

Dikatakan, langkah kearah untuk meraih keberhasilan perebutan kursi "Palas 1" memiliki peluang besar karena dukungan dan  kemauan elemen masyarakat terus mengkristal untuk pasangan ini.

Disisi lain, Tokoh Pemuda Kabupaten Palas, Risman Hasibuan juga melontarkan penyataan, bahwa bacabup dan bacawabup pasangan Putra Mahkota Alam Hasibuan dan H.Achmad Fauzan Nasution, sudah ada mengantongi dukungan partai politik yaitu PAN dan selanjut partai lainnya.

Namun, lanjut Risman belajar dari berbagai Pilkada sebelumnya, pencalonan seseorang yang telah mengantongi rekomendasi partai politik memiliki ektabilitas yang tinggi dan akan mulus mendapat dukungan partai untuk berkolaborasi mencapai kemenangan di Pilkada.

"Kita lihat sajalah nanti di hari-hari pendaftaran Bapaslon di KPU. Siapa saja figur Bacabup yang diusung partai sebagai kontestan Pilkada Palas nantinya. Mari kita saksikan bersama,” kata Risman Hasibuan.

Ungkapan senada juga disampaikan, Ketua KNPI Palas, Rasman Hasibuan,figur potensial yang memiliki kapabilitas dan ektabilitas di Pilkada Palas diyakini,bacabup H.Ahmad Zarnawi Pasaribu karena memiliki jiwa kepemimpinan yang rendah hati dan bertanggungjawab untuk memajukan Kabupaten Palas.

Ia menilai, Bacabup H.Ahmad Zarnawi Pasaribu karena memiliki jiwa kepemimpinan dan rendah hati serta  bertanggungjawab untuk memajukan Kabupaten Palas.

"Diyakini,Bacabup H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, memiliki peluang besar untuk menang merebut kursi "Palas 1" di Pilkada serentak tahun 2024 ini," tegas Rasman.

Hal itu dibuktikan, H.Ahmad Zarnawi Pasaribu disaat menjabat Plt Bupati Palas selama dua tahun mulai 2022-2024,sudah banyak prestasi yang diukirnya untuk kepentingan daerah dan masyarakat.

Ada beberapa point yang menjadi catatan prestasi, H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, diantaranya sukses mengangkat Pegawai Pemerintah dengan Penjanjian Kontrak (PPPK).

"Sekitar 1.400 orang putra dan putri Kabupaten Palas diangkat jadi P3K, tentu hal ini menjadi prestasi luar biasa yang menbuktikan kepedulian terhadap masyarakat," bebernya.

Ukiran prestasi lainnya yang juga tidak kalah penting untuk kemajuan daerah Kabupaten Palas, bahwa H.Ahmad Zarnawi mampu melakukan lobi -lobi dengan pemerintah pusat sehingga peningkatan jalan lintas Sumut beralih menjadi jalan nasional.

Disisi lain, lanjut Rasman, sebagai Plt Bupati Palas, H.Ahmad Zarnawi juga telah menorehkan catatan khusus ditengah masyarakat Kabupaten Palas, karena hampir sekitar 80 persen pembangunan infrastruktur jalan kabupaten terbangun sesuai harapan masyarakat.

"Kantor pelayanan pemerintahan Kabupaten Palas dapat dilanjutkan dengan baik seperti Kantor Bupati Padanglawas, berdiri dengan megah saat ini ditengah lokasi komplek perkantoran SKPD Terpadu karena upayanya yang terus meningkatkan kemajuan pembangunan daerah," ujar Rasman Hasibuan.

Diakhir masa jabatannya sebagai Plt Bupati Palas, H.Ahmad Zarnawi Pasaribu mendorong pihak DPRD Kabupaten Palas untuk disahkannya Peraturan Daerah (Perda) Pondok Pesantren (Ponpes).

"Dengan disahkan Perda Ponpes ini tentu memberikan ruang gerak yang bermanfaat untuk memacu kemajuan pendidikan berbasis agama yang manfaat dirasa pengurus Ponpes secara berkelanjutan di masa depan," tutupnya.