MEDAN - Pejabat Utama Konsulat Amerika Serikat di Sumatera, Bernard Uadan bersama Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Prof. Dr. Agussani, MAP meresmikan kantor Education USA di kampus UMSU, Kamis (2/5/2024) Education USA Center di UMSU merupakan satu-satunya di Sumatera Utara dan menjadi center ke-7 dari 6 kota di Indonesia. Memberikan layanan dan wadah kepada masyarakat dalam mendapatkan informasi pendidikan lanjut ke Amerika Serikat.
 
Bernard mengatakan bersyukur berkolaborasi dengan UMSU, sehingga center ini dapat diresmikan dan memberikan layanan informasi pendidikan di Amerika kepada masyarakat umum secara gratis.
 
"Terima kasih UMSU khususnya Pak Rektor, telah memberikan dukungan dengan memberikan fasilitas sehingga beridiri center ini, bukan untuk UMSU saja tapi dapat bermanfaat di kalangan publik," ujarnya. 
 
Dia berharap hubungan antara Indonesia dan USA selama 75 tahun semakin erat serta dengan adanya center di UMSU, dapat mempermudah masyarakat mendapatkan informasi belajar ke Amerika serikat.
 
"Saya berharap adanya center ini, akan semakin banyak siswa di Indonesia khususnya Sumatera yang belajar ke Amerika," ujarnya.
 
Sementara itu, Rektor UMSU, mengapreasiasi atas ditunjuknya UMSU sebagai lokasi Education USA yang ke-7, wadah menjebatani masyarakat mendapatkan informasi pendidikan di Amerika Serikat.
 
"Ini tentu salah satu mimpi kami yang perlu disyukuri dan amanah yang luar biasa. Semoga center Education USA, bermanfaat untuk mahasiswa UMSU ataupun masyarakat umum," ujarnya. 
 
Dia juga mengatakan hubungan antara UMSU dengan USA sudah berjalan sejak tahun 2012. Berusaha mencipatakan hubungan dan kerja sama dengan baik di bidang pendidikan.
 
"Jika tidak ada rekognisi dan kepercayaan dari masyarakat, maka tidak ada kerja sama ini. UMSU senantiasa siap untuk rencana-rencana ke depannya yang lebih baik," kata Prof. Agussani. 
 
Kepala Dinas Pendidikan Sumut Ir. Abdul Haris yang turut hadir, menyampaikan dukungannya kepada UMSU dan Konsulat USA. Dia yakin berdirinya center ini menjadi bagian penting dalam dunia pendidikan di Sumatera Utara ke depannya.
 
Turut hadir dalam kesemapatan ini, Kepala LLDikti Wilayah 1 Prof. Drs. Saiful Anwar Matondang, M.A., Ph.D serta hadir 150 Kepala Sekolah di Sumatera Utara.
 
Peresmian ditandai dengan penggunitangan pita,
penandatanganan MoU antara UMSU dan Konsulat USA di Sumatera serta penyerahan cendramata. Turut menyaksikan jajaran Konsulat USA di Sumatera, Pimpinan Fakultas Se-UMSU, Kepala Biro Se-UMSU serta Lembaga dan Unit se-UMSU