PALAS - Pj Bupati Padanglawas, Dr. Edy Junaedi Harahap, S.STP., M.Si,meninjau sarana jalan menuju destinasi wisata alam dan budaya makam Ompu Permata Sapihak,Kamis(25/4/2024).

Lokasi destinasi wisata budaya ini merupakan sebuah makam yang berlokasi di Desa binabo Julu, Sabarimba, Kecamatan Barumun Baru, Kabupaten Palas, Provinsi Sumatera Utara.

Makam Parmata Sapihak merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Palas, dan merupakan bukti sejarah lahirnya sebuah suku marga di Batak Mandailing yaitu Marga Daulay.

Namun karena masih kurang perhatian dan minim publikasi, makam tersebut hanya terkenal di sekitar Tapanuli Bagian Selatan(Tabagsel).

Akses atau infrastruktur menuju Makam Parmata Sapihak masih memperihatinkan. Dan akses jembatan gantung merupakan satu-satunya akses keluar masuk masyarakat sekitar dalam beraktivitas ke lokasi kebun dan pertanian.

“Marilah sama-sama kita lestarikan budaya dan cagar alam yang dimiliki Kabupaten Padanglawas ini," ajak Pj Bupati kepada pihak pemrintah Kecamatan Barumun Baru dan Tokoh Masyarakat.

Ia berharap, ada upaya pengembangan kelokasi objek wisata ini sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat disekitar destinasi serta mendorong pendapatan ekonomi masyarakat.

Turut mendampingi Pj. Ketua penggerak PKK Kabupaten Palas Ny, Retno Hadiningsih Junaedi SH, Kadis Pemuda Dan Olahraga Dan Pariwisata, M. Rasyidi Hasibuan, S.Pd, Kabag Tapem , Sainal Abidin Nasution, Camat dan para Kepala desa serta perangkat desa dan masyarakat.