TOBA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Toba, Effendi Sintong Panangian Napitupulu,SE resmi mengembalikan formulir bakal calon (Bacalon) Bupati Toba ke Kantor DPD Golkar Toba di Jalan Sisingamangaraja XII Balige, Senin, 22/4/2024). Sebelumnya Ketua Umum Partai Golkar Airlanga Hartanto, sudah memberikan surat tugas untuk menjadi Cabup Toba pada Pilkada 2024 dari Partai Golkar pada 4 april 2024 lalu.

Effendi Napitupulu didampingi istri, Tita Gloria Effendi Simanjuntak menyampaikan sikapnya untuk mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Toba tahun 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum. 

Ia mengaku tidak mengikuti Pemilihan Legislatif Toba pada Pebruari 2024 dikarenakan fokus berjuang untuk mempertahankan Kursi Partai di DPRD Kabupten Toba serta mempersiapkan diri untuk menjadi Calon Bupati Toba 2024.

Sebagai putra daerah yang lahir, bertumbuh dan besar di Porsea, serta berkarir di Toba merasa terpanggil untuk membenahi dan memajukan Kabupaten Toba. 

Hal ini lanjutnya diperkuat dengan dukungan dari Keturunan (Pomparan) Raja Sonakmalela yang memiliki anak 4 Marga yakni, Raja Simangunsong, Raja Marpaung, Raja Napitupulu dan Raja Pardede.

Polmer Simanjuntak Sekretaris Tim Pendaftaran dan Penjaringan Bakal Calon Bupati Toba Parti Golkar DPD Kabupaten Toba didampingi Jonggara Manurung menerima kehadiran Efendi SP Napitulu,SE dan tim rombongan mengantarkan formulor pendaftaran Bacalon Bupati Toba untuk pemilihan Kepala Daerah secara serentak tahun 2024.

Ini menjadi sejarah pertama kalinya di kepengurusan Partai Golkar di Kabupaten Toba sejak berdiri, dimana seorang Ketua Partai Golkar dan juga Ketua DPRD Kabupaten Toba mendaftar untuk menjadi Calon Bupati Toba.

Disebutkan Polmer untuk saat ini yang resmi mengambil formulir Bacalon Bupati Toba sudah ada 6 orang. Sementara untuk Bacalon Wakil Bupati Toba sudah 3 orang.

"Sebelum tanggal 23 April 2024, panitia pendaftran Bacalon Bupati/Wakil Bupati  Parti Golkar DPD Kabupten Toba meminta kepda semua Bacalon lain untuk seceptnya melengkapi semua persyaratan yang dimintakan Partai serta secepatnya mengantar dan memgembalikan formulir pebdafataran sebelum tanggal 23 april 2023," tandasnya.

Sementara Kasmin Simanjuntak, Ketua Dewan Pembina DPD Golkar Toba yang juga mantan Bupati Toba periode 2010 - 2015 mengaku sangat senang bisa melihat kader partai menunjukkan keseriusannya untuk mengambil formulir pendaftaran Bacalon Bupati Toba.

"Semoga dalam waktu dekat akan ada pasangan sebagai wakil bupati untuk Effendi," ujarnya.

Kasmin yang juga mertua kandung Effendi SP Napitupulu saat ditanya akan dukungannya mengatakan, sebagai mertua pasti mendukung dengan sepenuh hati dan akan berjuang memberikan yang terbaik.

"Saya melihat menantu saya Pak Nathan ini (nama panggilan adat budaya Batak) tentu sangat layak didukungan Partai Golkar serta partai menentukan siapa yang menjadi Wakil yang mendampinginya," pungkasnya.

Turut serta hadir mendampingi orangtua Effendi Napitupulu, mewakili Tim Pemenangan Raja Sonakmalela 16 Kecamatan, Saidi Simangunsong (Ketua Punguan Sonak Malela Habornas), Kaslan Napitupulu, Leincam Pardede, Charles Napitupulu, Berlin Marpaung, Rafael Marpaung dan Relawan Effendi memakai baju kaos bertuliskan : Asli Toba, Horas Par Toba Majo.

Terpantau dilapangan, usai mengembalikan formulir ke kantor DPD Golkar Kabupten Toba, acara dilanjutkan dengan Ngopi Bareng Effendi di kedai kopi Partukoan Jokowi Balige bersama dengan Tokoh tokoh Raja Sonak Malela serta Tim Pemenangan.

Dalam kesempatan Ngopi Bareng tersebut disempatkan membahas kesepakatan bersama untuk memenangkan Effendi SP Napitupulu di Pilkada 2024 sebagaimana yang telah di Deklarasikan saat pagelaran Pesta Akbar Jubileum 50 Tahun Raja Sonak Malela di Kota Balige Kabupaten Toba pada 3 September 2023 yang lalu.