TOBA - Pemerintah Kabupaten Toba bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) membahas persiapan awal tahapan pemilihan Kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada 27 November 2024. Rapat pembahasan yang dikoordinir Badan Kesbangpol Kabupaten Toba yang digelar di ruang rapat Staf Ahli Bupati Toba, Jumat (19/4/2024).
 
Bupati Toba Poltak Sitorus dalam sambutannya menyampaikan, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati/Wakil Bupati, Wali Kota/Wakil Wali Kota, Gubernur/Wakil Gubernur yang akan digelar secara serentak tahun 2024, salah satunya pesertanya termasuk Kabupaten Toba.
 
Poltak juga menyampaikan kekhawatiran yang mungkin terjadi disaat proses pesta demokrasi nantinya. Seiring berjalannya berbagai tahapan proses Pilkada bisa saja ada potensi gesekan terkait akan perbedaan dukungan atau pilihan.
 
Bisa juga lanjutnya di antara isu calon kepala daerah, money politics dan hoax. 
 
"Untuk itu Pemkab harus ikut  mengawal tahapan Pilkada, perlu deteksi dini atau pencegah dini akan berbagai hal yang bisa mungkin bisa terjadi mengganggu pagelaran pesta demokrasi pilkada serentak nantinya," ucapnya.
 
Lebih lanjut disampaikannya, dengan penganggaran dana untuk pelaksanaan Pilkada yang ditampung dari APBD Kabupaten Toba 2024, akan mempengaruhi proses dan jumlah anggaran dana pelaksanaan program pembangunan di daerah Kabupaten Toba. Namun pelaksanaan Pilkada harus didukung sepenuhnya.
 
"Dalam hal ini Pemerintah Daerah memiliki peran strategis dalam hal ini dengan memberikan dukungan anggaran dana kepada KPUD Kabupaten Toba, Bawaslu Kabupaten Toba dan Instansi Pemerintah lainnya yang mendukung terlaksananya pesta demokrasi Pilkada di Kabupaten Toba khususnya pada bidang pengamanan di instansi Pemerintah TNI dan  Polri," sebutnya.
 
Selanjutnya Bupati Toba menyampaikan sekaitan proses Pilkada ini nanti ada tim terpadu untuk membantu penyelenggaraan dan deteksi dini serta dukungan sosialiasi politik kepada masyarakat seperti yang sudah dilakukan Dinas terkait dari sejak tahun 2023.
 
Dalam acara yang digelar Ketua KPUD dan Bawaslu Kabupaten Toba serta pihak Polres Toba bersama Kodim 0210/TU menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).
 
Bupati Poltak Sitorus menyerahkan secara simbolis dukungan bantuan hibah anggaran Pilkada di pos Badan Kesbangpol, KPU Kabupaten Toba dan Bawaslu Kabupaten Toba.
 
Dana hibah Pemkab Toba kepada KPU Toba sebesar Rp.33.069.879.000 Bawaslu Toba Rp 14.511.968.000 Polres Toba Rp 4.000.000.000 dan TNI Rp 2.000.000.000 total dana Pilkada Kabupaten Toba yang ditanggung dari APBD Pemerintah Daerah Kabupaten Toba Rp 53.581.847.000
 
Dalam kesempatan tersebut Bupati Toba, Poltak Sitorus didampingi Plt Kakan Kesbangpollinmas, Lambok Siahaan menyerahkan secara simbolis Dana Hibah Pilkada serentak Kabupaten Toba 2024 yang diterima Ketua KPU Toba, Sugar Fernando Sibarani didampingi Komisioner KPU Toba Devisi Hukum Pengawasan Erikson Sitorus.
 
Hadir dalam rapat, Sekdakab Toba Augus Sitorus, Kejari Toba Samosir, Dohar Nosib Wirawarman Nainggolan, Kapolres Toba AKBP Wahyu Indrajaya,S.H,S.I.K, Ketua KPU Kabupaten Toba Sugar Fernando Sibarani didampingi Komisioner KPU Toba Devisi Hukum Pengawasan Erikson Sitorus, Ketua Bawaslu diwakili Daniel Sharon Pasaribu, Danramil 17/Balige Kodim 0210/TU Kapten Inf B.Siboro.