TAPUT - Ketua TP PKK Tapanuli Utara Satika Simamora, SE, MM mengunjungi serta menyerahkan bantuan bagi pedagang korban musibah kebakaran Pasar Tarutung, Senin (8/4/2024). Didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Bahal Simanjuntak, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Marihot Simanjuntak, Asisten Administrasi dan Umum Binhot Aritonang serta beberapa pimpinan Perangkat Daerah, Satika Simamora terlebih dahulu memberikan pisang sitonggi-tonggi, aek sitio-tio dohot parbue pir' kepada perwakilan pedagang sebagai ungkapan duka atas kejadian musibah kebakaran lalu sebagaimana tatanan adat budaya Batak. 
 
"Saya mohon maaf apabila Bapak Bupati tidak dapat hadir bersama kita saat ini, beliau menyampaikan turut berduka atas musibah ini. Pertemuan kita ini adalah bentuk kewajiban Pemerintah dan juga kasih terhadap sesama manusia. Kita sama-sama berdoa agar kedepan berganti dengan suka-cita dan peroleh berbagai anugerah daripada Tuhan," ujarnya.
 
"Musibah ini merupakan duka kita semua, tidak bisa dipungkiri bahwa bapak-ibu pasti bersedih akibat kerugian materi. Harapan kami agar 'amang-inang' semua mampu tabah, saya yakin Tuhan masih tetap sayang kepada kita semua, ini bentuk ujian. Kita semua harus bergandengan tangan dan bersama untuk membenahi pasar kita ini," lanjut Satika.
 
Satika juga menjelaskan pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara telah membuka rekening bantuan An. Donasi Kebakaran Pasar Tarutung pada Bank Sumut Nomor 320.02.04.0202333 . 
 
"Saat ini juga kami sampaikan bahwa Bapak Bupati secara pribadi menyumbangkan bantuan sebesar 100 juta rupiah untuk membantu para korban musibah ini, kami akan serahkan kepada pengelola posko. Selanjutnya, dalam waktu dekat seluruh donasi tersebut akan segera diserahkan kepada para korban. Saya meminta pengelola donasi ini harus jujur dan transparan," jelas Satika Simamora.
 
“Saya juga memohon masyarakat luas yang ada di bonapasogit maupun Bapak-Ibu diperantauan untuk turut serta berbagi kasih dan berdonasi untuk membantu saudara-saudara kita yang menjadi korban musibah sehari lalu," ujarnya seraya mengajak semua pihak bergandengan tangan, berikanlah berapa pun sesuai kemampuan karena itu akan sangat berarti dan bermakna.