SAMOSIR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir menerima sejumlah bantuan dari Lions Club Medan (LCM) Tridharma Distrik 307-A2, diterima langsung Wakil Bupati, Martua Sitanggang di rumah dinasnya, Sabtu (6/4/2024). Bantuan berupa tong sampah sebanyak 20 unit, kacamata baca 50 buah, dan sembako untuk keluarga beresiko stunting sebanyak 65 paket itu, diserahkan langsung oleh Presiden Lions Club Medan, Mery Sulianti Sitanggang bersama Gubernur Lions Club Medan Tridharma, Distrik 307-A2.

Wakil Bupati, Martua Sitanggang mengucapkan terima kasih kepada Lions Club Medan Tridharma yang sudah memberikan bantuan, seraya mengaku bahwa LCM sudah banyak membantu masyarakat Samosir, diantaranya pemberian pompa air bertenaga surya, bantuan untuk keluarga prasejahtera dan stunting.

"Semoga LCM Tridharma tetap berkarya dan memberikan perhatian bagi masyarakat Samosir. Atas nama Pemerintah Kabupaten Samosir, saya ucapkan terima kasih kepada LCM Tridharma", ucapnya.

Bantuan tong sampah tersebut kata Martua, akan ditempatkan dikawasan wisata WaterFront Pangururan, dengan harapan masyarakat dapat semakin sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Menjaga kebersihan dimulai dari hal kecil guna mendukung perilaku hidup sehat terutama lingkungan wisata. Saya harap masyarakat penerima bisa memanfaatkan bantuan ini dengan baik", kata Martua.

Apalagi menyambut berbagai event Internasional yang akan berlangsung di Samosir, Martua mengajak seluruh masyarakat mengutamakan kebersihan dan menjaga tatakrama dalam melayani para wisatawan.

Diakhir sambutanya, Martua masih berharap dan meminta kepada LCM Tridharma untuk membantu Kabupaten Samosir dalam pemenuhan tong sampah untuk objek-objek wisata yang ada, juga bantuan sembako untuk keluarga stunting.

Sementara itu, Gubernur LCM Tridharma Distrik 307-A2, Lady Janliye menyampaikan, bantuan yang diberikan murni dengan tekad pengabdian tidak memandang politik, suku maupun agama.

"Bantuan sembako ini untuk mendukung program pemerintah dalam hal penuntasan stunting. Dan pemberian tong sampah merupakan dukungan terhadap pariwisata Samosir yang sudah ditetapkan pemerintah sebagai destinasi super prioritas, terutama dalam menjaga kebersihan WFC yang sudah mendunia", ucap Lady Janliye.

Ia mengatakan, pada bulan Mei mendatang, akan mengajak rekan LCM dari Kuala Lumpur Malaysia untuk memperkenalkan Samosir seraya mengajak masyarakat Samosir agar bersama menjaga kebersihan, khusunya lingkungan WaterFront Pangururan sebagai ikon pariwisata Samosir.

Tak ketinggalan, Presiden LCM Tridharma, Mery Sulianti Sitanggang mengaku bangga dengan kondisi pariwisata Samosir saat ini.

"Saya sungguh sangat bangga terhadap Samosir dengan sebutan negeri indah kepingan surga", ucap Mery.

Lanjutnya, untuk memperkenalkan Samosir bisa dimulai dari hal terkecil, anak-anak diajarkan menjaga kebersihan, sehingga Samosir itu akan semakin luar biasa.

Dalam kesepakatan itu, Ia berharap seluruh lapisan masyarakat dapat menjaga dan merawat Danau Toba. Karena menurutnya, bantuan yang diberikan hanya sebagai edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Demikian halnya bantuan paket sembako ini, semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi keluarga berisiko stunting di Kabupaten Samosir", tutup Mery Sulianti Sitanggang.

Di acara pemberian bantuan, tampak hadir, Kepala Dinas P3AP2KB, Friska Situmorang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Edison Pasaribu, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Dina Hutapea, Kepala Dinas Kominfo, Immanuel Sitanggang, Camat Pangururan, Robintang Naibaho, Ketua TP. PKK, Ny. Harta R. Martua Sitanggang, Ketua daerah LCM, Erni dan member Lions Club lainnya.