PALAS - Pj Bupati Padanglawas (Palas) Dr. Edy Junaedi Harahap, S.STP., M.Si,minta dukungan Kementerian Tenaga Kerja RI untuk dibangunnya Balai Latihan Kerja Unit Pelaksana Teknis Daerah(BLK- UPTD) atau BLK Unit Pelaksana Teknis Pusat(UPTP) didaerah setempat. Hal itu disampaikan,Pj Bupati Palas,EdybJunaedi ,dipertemuan dengan Sekretaris Direktorat Jenderal Binwasnaker,Dr.Sunardi Manampir Sinaga,S.STP,MM, di Jakarta,Kamis(4/4/2024).

Dikesempatan pertemuan itu, Edy Junaedi juga membahas bagaimana Pemkab Palas dapat mengupayakan dan mengoptimalkan lahan BLK yang sudah dimiliki pemerintah agar bisa dibangun dari anggaran dana APBN.

Kata Edy, pembahasan dengan Kementerian Ketenagakerjaan ada dua opsi dua antara lain, diatas lahan milik pemda bisa dibangun gedung BLK UPTD atau BLK UPTP.

Ada dua opsi yang diajukan Pemda kepihak Kementerian Tenaga Kerja RI,pertama diatas lahan milik Pemda Palss, bisa dibangun BLK UPTD atau BLK UPTP.

"Dimana kalau BLK UPTD,biaya operasionalnya ditanggung oleh Pemda Palas,sedangkan BLK UPTP,biaya operasionalnya ditanggung pemerintah pusat," kata Edy Junaedi.

Dikesempatan itu, Pj Bupati juga akan menjadwalkan kunjungan ke Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP Medan) untuk dapat diprioritaskan akan dibangun Balai Latihan Kerja (BLK) di Kabupaten Padanglawas.