Toba - 200 Life Jacket dibagikan Kantor Kesyahbandaran dan Otorita Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Danau Toba kepada Anak Buah Kapal (ABK) berikut alat pelampung 200 Ring Buoy kepada pengusaha perkapalan untuk keselamatan pelayaran di perairan Danau Toba.

Pembagian Life Jacket dan Ring Buoy kepada ABK dan pengusaha kapal tradisonal di Pelabuhan Ajibata Kabupaten Toba langsung oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otorita Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Danau Toba Ajibata Rijaya Simarmata dengan didampingi para jajarannya Kamis, (4/5/2024).

Kepala KSOPP Danau Toba Rijaya Simarmata menyebutkan, pembagian Life Jacket bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan keselamatan para ABK disaat berlayar di perairan Danau Toba. Demikian juga dengan alat keselamatan pelampung ring bouy berguna untuk membantu penumpang yang sewaktu-waktu terjatuh ke permukaan air dan tetap bisa terapung mwnunggu diselamatkan.

Lanjutnya, "Keselamatan dalam pelayaran adalah kebutuhan semua pihak, mulai dari operator kapal demikian juga para pengguna jasa transportasi penyeberangan.untuk keselamatan penumpang tetap menjadi prioritas utama KSOPP Danau Toba," ujar Rijaya Simarmata.

Rijaya Simarmata juga menyampaikan, kita memprediksi jumlah kunjungan wisatawan yang akan menyeberang melalui jasa perkapalan ke Pulau Samosir akan meningkat menjelang libur Lebaran 2024. Oleh karena itu, alat-alat keselamatan yang layak sesuai standar SOP Pelayaran harus dilengakapi demi menjaga keamanan dan keselamatan para penumpang dan awak kapal.

"harapan kita pelayaran di kawawan Danau Toba di Lebaran tahun 2024 ini aman dan kondusif.alat-alat keselamatan dapat dimanfaatkan untuk keselamatan belayar di perairan Danau Toba," pungkas Simarmata.

Terpisah, Ketua OPS Marihat Parmai Ramjam Siallagan didampingi Nahkoda Kapal Motor Penumpang (KMP) Natio 3, Mengasih Sitio mengucapkan terimakasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan KSOPP Danau Toba.

Dengan peralatan keselamatan yang diberikan dengan gratis akan menambah peningkatan pelayanan keselamatan dalam pelayaran kapal di Danau Toba karena telah memberikan alat-alat keselamatan berlayar secara gratis kepada ABK.

"Kita akan memanfaatkan bantuan tersebut untuk keselamatan berlayar di perairan Danau Toba," katanya.