SAMOSIR - Royal Crown Adventure (RCA) Club Jakarta melakukan penaburan sebanyak 10.000 bibit ikan nila di perairan Danau Toba, Senin (25/3/2024). Penaburan ini dilakukan dalam upaya dan langkah kepedulian mereka dalam mendukung nelayan lokal.

Ketua RCA Club Liana Sari menjelaskan, pemanfaatan sumber daya perairan yang berkelanjutan adalah salah satu tujuan dari budidaya perikanan.

Hal ini juga sekaligus mendukung ekonomi nelayan lokal untuk memenuhi kebutuhan pangan maupun mata pencaharian.

"Saya sangat bahagia bisa menjalankan acara penaburan ribuan ekor bibit Nila yang diikuti beberapa jajaran pengurus RCA Club serta masyarakat," ujar Liana.

Penaburan ribuan benih ikan nila di sekitaran perairan Danau Toba ini dilakukan tepatnya di area Lontung, Pengambatan dan Silmalombu, Kabupaten Samosir.

Liana Sari dan jajaran pengurus melepas ribuan benih ikan tersebut dalam rangka event Explore Lake Theoba RCA Club 2024. Liana berharap upaya itu bisa meningkatkan budidaya ikan yang berdampak pada kesejahteraan khususnya nelayan lokal dan masyarakat umumnya.

"Dalam penaburan bibit ikan ini, kita juga sekaligus melaksanakan kegiatan Explore Lake Toba RCA Club 2024 yang mendatangkan artis Desy Huang dan artis lainnya untuk menghibur jajaran pengurus RCA Club dan peserta rombongan yang ikut hadir," ujarnya.

Di tempat yang sama, Beng Christianoto, Founder RCA Club menegaskan, penaburan bibit ikan ini sebagai komitmen dan kepedulian RCA Club untuk melestarikan dan penyelamatan ekosistem perairan di Danau Toba.

Dalam kesempatan ini, Budiman selaku pembina RCA Club di dampingi Hartono Lim, penasehat RCA Club ini berharap masyarakat di sekitar Danau Toba bisa terus melastarikan ikan di perairan Danau Toba, karena populasinya semakin langka.

"Saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga pelestarian lingkungan perairan Danau Toba agar ikan-ikan dapat tumbuh dan berkembang di tempat yang layak," tandasnya.