Berita

GEGER MALAM INI || GIBRAN P4NIK KETAKUTAN BUKTI YANG DI BAWA MUHAIMIN DI DPR BISA GAGALKAN HASIL KPU

BERITA TERBARU

GIBRAN PANIK KETAKUTAN
MUHAIMIN DAN PDIP AKAN BAWA BUKTI CURANG DI SIDANG HAK ANGKET

HASIL CEK FAKTA

Beredar sebuah video dari channel youtube bernama KUMPARAN TV bernarasikan Gibran panik akibat Muhaimin Iskandar dan PDIP akan bawa bukti kecurangan pemilu 2024 di hak angket.

Setelah ditelusuri, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut adalah hasil manipulasi. Selain itu video unggahan tersebut hanya berisi cuplikan-cuplikan dari beberapa video yang digabung menjadi satu.

Pada awal video, narator dalam video tersebut membacakan judul dari artikel ayojakarta.com yaitu “Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Yakin Hak Angket Terus Bergulir untuk Ketahui Kecurangan Pemilu 2024” yang diunggah pada 29 Februari 2024.

Narasi tersebut dilanjut dengan isi dari artikel kumparan.com yang berjudul “Sejauh Mana Hak Angket Kecurangan Pilpres Bisa Bergulir?” yang dimuat pada 26 Februari 2024.

Dengan demikian, narasi dengan klaim Muhaimin dan PDIP akan bawa bukti kecurangan pemilu 2024 di hak angket tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

KESIMPULAN

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo. Informasi yang menyesatkan. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, dalam video tersebut juga tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim narasi yang beredar.

Rujukan

https://www.ayojakarta.com/news/7612017347/topik-khusus.html

https://kumparan.com/kumparannews/sejauh-mana-hak-angket-kecurangan-pilpres-bisa-bergulir-22EyoepfHLe/1

Publish date : 2024-03-08