Toba - Kecamatan Habinsaran diperayaan HUT Toba ke 25 tahun 2024 yang ke 2 kalinya menjadi tuan rumah di perayaan HUT Toba, yang pertama pada tahun 2019. Diperayaan HUT Tahun 2019 acara perayaan dihadiri langsung Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi..

Saat itu Gubsu dengan rombongannya hadir dengan berkendara dan menikmati langsung jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Silimbat - Habornas (Habinsaran, Borbor, Nassu) yang kondisinya saat itu kupak kapik, berlobang lobang bak kubangan kerbau hingga panjangnya Ribuan Meter.demikian diungkapkan Biller Sianipar (67) warga Parsoburan Kecamatan Habinsaran

Manurerak Sitorus (44) warga desa Panamparan yang juga didampingi Biller Sianipar (67) kepada Gosumut.com diselasela acara juga mengakui perayaan HUT Toba di Habinsaran untuk 3 Kecamatan di Habornas (Habinsaran, Borbor dan Nassau) tahun inilah yang ke 2 kali, yang pertama pada tahun 2019 yang di hadiri Gubernur Sumut Edi Rahmayadi.ucap Manurerak.

Kami bangga dan senang diadakan perayaan HUT Toba ke 25 tahun 2024 dilaksanakan di Kecamatan Habinsaran tetapi yang utama perhatikanlah akan kebutuhan kami terkait pembangunan infrastruktur.

Disampaikan Manurerak Sitorus, kami warga Habinsaran kecewa dengan janji Gubsu Edi Rahmayadi yang saat diperayaan HUT Toba tahun 2019 beliau datang langsung untuk turut serta merayakan HUT Toba di 5 tahun lalu saat itu.

Gubsu Edi Rahmayadi saat itu mengatakan dan berjanji akan memperhatikan pembangunan untuk pembangunan jalan Silimbat - Silaen, Matio - Parsoburan yang kondisinya saat itu sudah banyak yang kupak kapik dan berlobang lobang bagaikan kubangan kerbau.

Kondisi kedalaman lobang jalan ada yang sampai 50 - 80 Cm.Kondisi jalan itupun hingga saat ini masih sama berlobang lobang bak kubangan kerbau.

Hingga masa jabatannya selesai, pembangunn jalan lintas sumatera Silimbat - Habornas (Habinsaran, Borbor, Nassau) tak kunjung selesai pembangunannya apalagi pembangunan jalan lintas Sumatera dari Kecamatan Nassau menuju Kab.Labura (Labuhan Batu Utara) demikian juga Jlan Lintas Sumatera Kecamatan Habinsaran menuju Kecamatan Borbor menuju Kecamtan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Hingga tahun 2024 ini Jalan lintas Sumatera, Silimbat - Silaen - Habornas kondisinya dangat memprihatinkan.untuk pembangunan jalan tersebut sangat membutuhkan perhatian dan penanganan serius dari pihak pemerintah Kabupaten, Propinsi dan Pusat demi peningkatan kehidupan ekonomi masyarakat Habornas.

Kami sangat membutuhkan perhatian serius dari pemerintah Daerah Kabupaten, Propinsi Sumut hingga pemerintah Pusat dalam pelayanan pembangunan bagi kami warga 3 kecamatan Habornas (Habinsaran, Borbor dan Nassau) khususnya Pembangunan Infrastruktur.

Saat ini kondisi jalan propinsi Silimbat - Habornas sudah sangat parah berlobang lobang dan ada tepi badan jalan yang longsor hingga mengancm Jalan akan terputus berikut lobang jalan bak kubangan kerbau dengan kedalaman +_ 50 Cm - 90 Cm.bila hujan turun lumpur di lobang lobang jalan bak lumpur ditengah persawahan.pungkas Manurerak tokoh masyarakat Desa Panamparan.

Dalam sambutannya Bupati Toba di perayaan HUT Toba ke 25 di Habinsaran mengatakan, "Malam ini saya akan berangkat ke Medan menemui Gubernur Sumut untuk membicarakan pembangunan Janlinsum Silimbat - Silaen - Habornas yng kondisi fisiknya saat ini memang sangat memprihatinkan.

Karena untuk hak pelaksanaan pembangunan jalan Silimbat - Silaen - Habornas ada di Pemerintahan Propinsi Sumatera Utara.untuk itu mohon bersabar dan berdoa semoga cepat bisa terealisasi oleh Gubernur Sumut.ucap Bupati.