SIMALUNGUN - Regal Springs Indonesia (RSI) kembali mendukung program pemerintah melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Ini sebagai upaya menurunkan jumlah penderita stunting sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tumbuh kembang anak.

Dalam kegiatan ini RSI berkolaborasi dengan sekolah, Dinas Kesehatan, UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. Acara digelar dengan memberikan penyuluhan gizi dan protein kepada siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) khususnya di wilayah beroperasinya perusahaan, seperti SDN 091464 Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, baru-baru ini.

Kegiatan dirangkai dengan pemeriksaan kondisi kesehatan anak, lomba mewarnai serta makan ikan tilapia bersama 192 siswa.

Head of Legal & Corporate Affairs Regal Springs Indonesia, Arum P. Handayani dalam keterangan persnya, Rabu (7/2/2024) menjelaskan, kegiatan yang digelar ini merupakan upaya perusahaan dalam tanggung jawab sosial di masyarakat. Dengan mengambil peran meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya sumber pangan yang tinggi protein bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Salah satunya bersumber dari ikan yakni ikan tilapia.

dr. Menti Siburian, penyuluhan gizi dari RSUD Parapat menyebutkan, kegiatan yang digelar bersama RSI untuk meningkatkan kesadaran siswa-siswi untuk membiasakan diri mengkonsumsi protein hewani, seperti ikan nila (tilapia nilotica) dan mujair (tilapia mossambica). Terlebih ikan ini, tidak sulit ditemukan di wilayah se kawasan Danau Toba.

"Dari hasil penelitian ahli gizi, ikan tilapia merupakan salah satu ikan yang kaya akan nutrisi memiliki vitamin A, D dan B6. Selain itu, sumber protein ini juga kaya akan niacin, vitamin B12, fosfor yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang," ujarnya.

Ia menambahkan protein hewani ikan tilapia juga dapat meningkatkan kecerdasan otak, mencegah kerusakan dan memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak.

Kepala 091464 Parapat, Tiurmalina Sirait, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada atas terselenggaranya kegiatan Gemarikan yang dirangkai dengan pemeriksaan kesehatan. "Semoga ke depannya kita bisa saling berkolaborasi kembali," ujarnya.

Terpisah, CSR Manager Regal Springs Indonesia Agam Junaidi Sinaga mengatakan kegiatan Gemrikan ini direncanakan akan diadakan secara berkala di sekolah-sekolah di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Hadiri dalam kegiatan tersebut, Kepala Koordinator Wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Agustinus Sitanggang, Kepala Seksi Trantib Girsang Sipangan Bolon Risnayati Agustina, Lurah Parapat Juniarli Sinaga,S.H, Ketua Komite SD Negeri 091464 Parapat Gomgom Roy Ambarita.