MEDAN - Dosen Universitas Syiah Kuala yaitu dr. Harapan, DTM&H., M.Infect.Dis. Ph.d berhasil meraih Golden Winner atau Peringkat I untuk katagori Dosen Berprestasi (Sinta Award) terbaik nasional, Subkatagori Dosen Berprestasi Usia di bawah 40 Tahun dengan SINTA Skor Tertinggi Periode 2020- 2022.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Dosen Fakultas Kedokteran USK ini pada Anugerah Diktiristek 2023  di  Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Untuk diketahui, dr. Harapan telah berhasil menerbitkan 50 jurnal Internasional dan  bertindak sebagai reviewer di beberapa jurnal yang ternama di Dunia. Dirinya melanjutkan gelar Master in Infectious Diseases (M.Infect.Dis) dan PhD di School of Biomedical Sciences, The University of Western Australia.

Proyek PhD-nya berfokus pada epidemiologi molekuler dan investigasi kesehatan masyarakat terhadap arbovirus utama di Indonesia (virus demam berdarah, chikungunya, dan Zika). Dr. Harapan juga menerima Diploma in Tropical Medicine and Hygiene (D.T.M.&H.) dari Fakultas Kedokteran Tropis, Mahidol University, Bangkok.

Sejumlah prestasi bergengsi telah berhasil diraih Alumni The University Of Western Australia ini. Di antaranya, pada tahun ini Dr. Harapan bersama dua dosen USK lainnya yaitu Prof. Dr. Mudatsir, M. Kes  dan Prof. Dr. Muchlisin Z.A, S.Pi, M.Sc  berhasil masuk dalam jajaran peneliti paling berpengaruh di Indonesia versi Universitas Stanford.

Selain itu, selama ini  dalam perangkingan SINTA yang merupakan salah satu indikator kinerja publikasi ilmiah di Indonesia, Dr. Harapan selalu menempatkan namanya dalam peringkat atas pada perangkingan tersebut.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan yang turut hadir pada Anugrah DIKTIRistek 2023, turut menyampaikan selamat dan rasa bangganya atas prestasi yang diraih Dosen USK tersebut.

Rektor mengakui, selama ini keilmuan dr. Harapan telah banyak memberi kontribusi penting bagi dunia kesehatan maupun pengembangan ilmu pengetahuan. Untuk itulah, Rektor menilai prestasi dr. Harapan ini secara tidak langsung turut meningkatkan reputasi keilmuan USK.

“Prestasi dr. Harapan ini adalah kebanggaan kita semua. Karena prestasi ini  setidaknya menunjukkan kualitas keilmuan peneliti USK telah berkembang dengan sangat baik. Inilah yang memotivasi USK untuk terus mendorong semangat riset dan inovasinya,” ucap Rektor.

Selain meraih penghargaan Dosen Berprestasi Nasional, pada ajang Anugerah Diktiristek 2023 ini USK juga berhasil meraih penghargaan Bronze Winner atau peringkat III untuk katagori Satuan Kerja dengan Pelaporan PPDikti terbaik di Indonesia.*