INHU - Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi menyapa masyarakat Kec. Batang Gansal, Rabu (5/7/2023). Empat desa menjadi tujuan program kunjungan Bupati, yaitu Desa Belimbing, Desa Seberida, Desa Talang Lakat dan Desa Sungai Akar.

Di Desa Belimbing, Bupati beserta rombongan melakukan penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dan meninjau lahan pertanian yang di kelola oleh Kelompok Wanita Tani Berkah Tualang.

Di Desa Seberida, Bupati turut meninjau KWT Binaan Karya Serumpun dan menyerahkan BLT DD. Selain itu, beliau juga membuka serta meninjau pelaksanaan Sunat Massal Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu di Kec. Batang gansal yang dipusatkan di kantor Desa Seberida. Sebelum bergerak menuju Desa Talang Lakat, Rezita menyempatkan diri meninjau Puskesmas di Desa Seberida.

Sementara di Desa Talang Lakat, Rezita bersilaturahmi bersama Kelompok Tani Hutan Bina Lestari sambil menikmati seduhan Kopi Nira yang merupakan olahan khas desa Talang Lakat. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan panen ikan lele hasil Program Ketahanan Pangan Desa Talang Lakat.

Usai dari Desa Talang Lakat, Bupati lanjut menyapa Desa Sungai Akar dengan rangkaian kegiatan yakni meninjau beberapa KWT, memanen madu kelulut, meninjau Posbindu dan meninjau proses layanan seperti Disdukcapil, DPMPTSP, Disperindag dan Dispenda.

Di setiap kunjungannya, Bupati mengajak masyarakat untuk memanfaatkan potensi yang ada di kec. Batang Gansal, baik potensi alam, hasil alam dan pertaniannya. "Mengingat pembangunan jalan tol sedang dalam proses pengerjaan, saya mengajak masyarakat untuk mengembangkan potensi, baik pariwisata maupun UMKM," imbau Bupati kepada masyarakat.

Beliau juga mengajak para anggota KWT ( kelompok wanita tani ) dan KTH ( kelompok tani hutan ) untuk mengolah hasil pertaniannya dengan membuat produk makanan atau oleh-oleh khasnya masing-masing, sehingga dapat meningkatkan nilai jual. "Nanti ketika jalan tol sudah siap, kita juga siap dengan produk khas kita," ujar Rezita.

Kegiatan Irama Desa ditutup dengan peresmian Lapangan Futsal Panglima Raja milik Desa Sungai Akar.

Ibu Rezita kembali Menyapa Desa mengunjungi desa di Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Inhu dengan giat, Irama Desa Kamis (6/7/2023), melalui Program Bergerak Bersama menuju Indragiri Hulu Cemerlang.

Giat diawali senam pagi bersama Bupati Rezita Meylani Yopi diikuti masyarakat di halaman Gedung Olah Raga (GOR) Desa Sungai Beras Beras Kec.Lubuk Batu Jaya.

Bupati dan rombongan berkesempatan meninjau Gebyar Seni dan Expo Pendidikan di GOR Desa Sei Beras-Beras.Gebyar Seni dan Expo Pendidikan ini diikuti oleh seluruh Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Lubuk Batu Jaya. Selanjutnya rombongan menuju Pustu Mekar Sari guna meninjau pelaksanaan sunat massal yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Melalui Bagian Kesra Setda Kab -Inhu.Adapun pesertanya berjumlah 30 anak.

Masih di Pustu Mekar Sari, Bupati Rezita Meylani menyampaikan kepada masyarakat dalam kunjungan Irama Desa kali ini membawa serta OPD terkait guna memberikan pelayanan Administrasi Berbasis Digital. Diantaranya pelayanan KTP/KK, perijnan, dan tidak kalah penting yaitu tentang pelayanan kesehatan. Bupati juga berharap kepada warga masyarakat tidak usah ragu dan takut untuk mendapatkan layanan kesehatan. "Bapak dan Ibu cukup menunjukan KTP/KK saja, semuanya sudah di tanggung oleh BPJS," ungkapnya.

Selanjutnya Bupati dan rombongan melanjutkan kunjungan untuk meninjau Program ketahanan Pangan Dana Desa Tahun Anggaran 2023 Jenis Budi Daya Ikan Lele Kelompok PKK Anggur Desa Sei Beras-beras, dengan jumlah 5 kolam.

Setelah melaksanakan sholat dan makan siang, rombongan melanjutkan kunjungan ke Desa Tasik Juang melihat kegiatan Kelompok Wanita Tani(KWT) Asri, Badan Usaha Milik Desa dan Produk UMKM. Giat ini dilaksanakan untuk melihat langsung kegiatan masyarakat yang tentunya akan menunjang ekonomi rumahan sebagai penopang tambahan di lingkungan ekonomi rumah tangga.

Kunjungan berikutnya rombongan meninjau Pelayanan Terintegrasi Tuah IKM yaitu Fasilitas Ijin Edar,Label Kemasan, Merek Dagang, Halal dan Standarisasi dari Disperindag. Sedangkan Pelayanan PBB Ditaja oleh BAPPENDA. Untuk Layanan Gerai keliling (GERAK) dan Usaha Mikro Kecil(UMK) di Taja DPMPTSP, Pelayanan Administrasi Kependudukan ditaja oleh Disdukcapil. Semuanya ini bertujuan untuk memudahkan bagi warga masyarakat dalam mengurus pelayanan digital di Kantor Desa Tasik Juang.

Untuk menjalin silaturrahmi Rezita menyempatkan diri berkunjung ke kediaman KH. Ali Muhtarom di Pontren Nurul Huda Desa Kulim Jaya.

Bupati dan rombongan selanjutnya menyambangi Kebun Pepaya Madu Program Ketahanan PanganDesa Sungai Beras Hilir.

Terakhir Rombongan menuju Desa Pondok Gelugur guna Penyerahan BLT ADD bagi warga masyarakat yang ekonominya tergolong kelas menengah kebawah.Untuk bantuan biaya pendidikan dan perlengkapan sekolah bagi pelajar Tingkat SD,SMP serta SMA yang dananya berasal dari DAK Provinsi Riau.