TOBA - Petani kopi binaan PT. TPL (Tbk) di Desa Siantar Utara dan Desa Banjar Ganjang, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba menerima bantuan bibit pohon pelindung (Lamtoro PG79) sebanyak 500 batang, Senin, (6/6/2022). Community Development (CD) Officer TPL Thasya Sirait dalam keterangan persnya, Selasa, (7/6/2022) menjelaskan pohon Lamtoro PG79 ini dapat digunakan para petani sebagai pelindung tanaman kopi dari serangan hama, seperti pengerek buah, semut dan jamur.

Dengan dukungan bantuan pohon Lamtoro PG79 ini diharapkan , dapat meminimalisir penyakit tanan kopi sehingga mampu membantu peningkatkan sumber pendapatan ekonomi masyarakat.

Perusahaan berharap ke depannya, para petani dapat menerapkan pengetahuan yang didapatkan dan memanfaatkan dukungan perusahaan untuk meningkatkan kualitas kopi.

Terpisah Community Development (CD) Officer TPL Hema Butar-butar menambahkan pohon lamtoro PG79 merupakan salah satu sumber penghasil nitrogen yang sangat dibutuhkan tanaman kopi dalam pertumbuhannya. Selain itu, daunnya dapat dikelola dan dijadikan sebagai pupuk tambahan bagi tanaman kopi.

Sementara Marojahan Simangunsong mewakili petani kopi binaan TPL dari Desa Siantar Utara menyampaikan, sangat berterimakasih kepada PT.TPL atas perhatian perusahaan kepada para petani dengan memberikan bantuan bibit pohon Lamtoro PG79 untuk mengatasi penyakit tanaman kopi berupa pengerek buah, semut dan jamur.

Disampikan Marojahan, pada tahun 2021 yang alu, kelompok tani kami telah menerima dan mengikuti pelatihan program sekolah kopi yang diadakan di kebun percontohan SSC (Starbucks Farmer Support Centre) Indonesia Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara oleh PT.TPL.Tbk.

“Dipelatihan itu kami dibina dan diajari tentang budidaya kopi yang baik dan benar suoy memberikan hasil yang baik dan mksimal," pungkas Marojahan.

Sementara perangkat Desa Banjar Ganjang Dani Manurung berharap masyarakat bisa memanfaatkan bantuan dan berbagai dukungan yang diberikan perusahaan dengan baik sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat.

Pihaknya juga mengapresiasi semua dukungan yang diberikan kepada masyarakat.