SERGAI - Wisata Maju Terus merupakan salah satu Tujuh program SAPDA (Sapta Dambaan) yang menjadi andalan dibawah kepimpinan Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan akhirnya terwujud, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pariwisata meningkat mencapai 100 Persen. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Serdang Bedagai, Drs. Zulfikar diruang kerjanya, Selasa (29/3/2022).

Bupati Sergai Darma Wijaya -Wabup Sergai Adlin Tambunan uji coba Wisata Arum Jeram di Sungai Bahbolon Desa Buluh Duri, Kecamatan Sei Sipispis yang merupakan pariwisata paling Unggul di Kab. Sergai.(istimewa)

 
Dari hasil pendapatan Asli Daerah (PAD) sebelumnya Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan hanya mencapai sebesar Rp 1,2 Milyar. Dan saat ini PAD Dinas Pariwisata di Sergai bisa mencapai sebesar Rp 2,8 Milyar dan naik mencapai 100 persen PADnya. Kemudian hasilnya PAD langsung masuk di rekening Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Serdang Bedagai.
 
"Destinasi wisata yang menjadi unggulan di Kab. Serdang Bedagai yaitu Arum Jeram Sungai Bahbolon yang berlokasi Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, Sergai. Kemudian Jericho Stable tempat Olahraga Pacuan Kuda dan Horseback Archery (HBA) atau olahraga panahan berkuda yang berlokasi Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Sergai," ujar Zulfikar.
 
Lanjut Zulfikar. Untuk Objek Wisata yang merupakan penghasil paling tertinggi Pendapatan Asli Daerahb(PAD) di Kabupaten Serdang Bedagai yaitu Objek Wisata Pantai Bali Lestari, Pantai Pondok Permai, Pantai Wong Rame, Pantai Theme Park, Pantai Sialang Buah, Pantai Cemara Kembar, Pantai Romantis dan Wisata lainnya masih rendah.
 
 
Dari semua destinasi wisata yang ada di kabupaten Serdang Bedagai yang paling tertinggi untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) yaitu pantai Bali Lestari. Sedangkan Wisata yang paling Unggul yaitu Arum Jeram di Kecamatan Sei Sipispis dan Jericho Stable di Kecamatan Sei Rampah," papar Zulfikar dalam wawancara eksklusif kepada GoSumut.
 
"Saat ini kita masih dalam mengusulkan payung hukum kedinas pariwisata yaitu Peraturan Daerah Kabupaten Serdang Bedagai tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Serdang Bedagai (Perda RIPPARKAB). Jika payung hukum ini sudah dibuat dan disahkan DPRD Sergai dan Pemerintah daerah maka Dinas Pariwisata akan melaksanakan program tersebut,"sebut Zulfikar.
 
Selain itu, lanjut Zulfikar. Jika tahun 2023 ini payung hukum yaitu Perda RIPPARKAB sudah di setujui dan di sahkan maka kita akan membuat Profil Kawasan Wisata, Insfrastruktur wisata serta melakukan promosi wisata. 
 
Selanjutnya jika Perda RIPPARKAB sudah disahkan dan program sudah berjalan, langkah dinas pariwisata adalah membuat Gerbang Satu Pintu yaitu sistem elektrik dan kemungkinan besar pariwisata Serdang Bedagai akan menghasilkan PAD bisa mencapai sebesar Rp 10 milyar/pertahun," harap Zulfikar.
 
Sebelumnya, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Serdang Bedagai akan membuat program Paket Wisata, contohnya, Paket Wisata 1, Wisata Pantai Wong Rame ke Theme Park atau Paket 2, Wisata Arung Jeram ke Wisata Jericho Stable, kami yakin program ini dapat menarik para wisatawan untuk datang di Serdangbedagai," Papar Zulfikar. 
 
"Sumatera Utara akan menjadi tuan rumah pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI tahun 2024, Jericho Stable yang saat ini menjadi destinasi wisata unggulan di rencanakan akan menjadi salah satu tempat pertandingan olahraga Pacuan Kuda dan olahraga Horseback Archery (HBA) atau olahraga panahan berkuda dan Pemkab Sergai berharap Panahan Berkuda bisa dijadikan event tahunan."pungkasnya.