JAKARTA - Direktur Utama PT Indofarma Tbk Arief Pramuhanto mengungkap sebanyak 50 juta vaksin Novavax tiba di Indonesia pada September. Vaksin itu akan didistribusikan secara gratis untuk masyarakat. Maka, Arief menegaskan vaksin Novavax akan diberikan gratis dan bukan termasuk vaksin berbayar maupun vaksin gotong royong.
"Saya ingatkan lagi 50 juta vaksin ini bukan vaksin berbayar atau vaksin gotong royong. Ini vaksin program pemerintah ya," kata Arief, dalam public expose secara virtual, Jumat (30/7/2021).

Arief mengatakan saat ini pengadaan vaksin Novavax itu sudah dalam proses persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sementara dampak keuangan dari pengadaan vaksin ini, Arief menjelaskan akan masuk dalam triwulan IV-2021.

"Belum bisa diketahui dampak keuangan dari pengadaan vaksin ini. Memang nanti mulai berdampaknya berarti di triwulan IV. Nanti diinformasikan," ujar Arief.

Keikutsertaan Indofarma dalam pengadaan vaksinasi COVID-19 ini sudah disetujui oleh Kementerian Kesehatan pada 15 juli 2021 melalui surat Menkes Nomor SR.03.03/Menkes/872/2021.

Kemenkes memberikan persetujuan kepada PT Bio Farma (Persero) untuk menugaskan PT lndofarma Tbk guna melakukan importasi vaksin Covid-19 dengan jenis dan jumlah sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/12790/2020.