SERGAI - Setelah Kabupaten Padanglawas, tindak pidana penipuan dengan modus pejabat negara kembali terjadi di Sumatera Utara. Kali ini terjadi di Kabupaten Serdang Bedagai.
Tak tanggung tanggung, pelaku membuat akun palsu di media sosial Facebook mengatasnamakan Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya. Bahkan, akun tersebut mencoba melakukan penipuan dengan modus menawarkan sejumlah penerimaan CPNS maupun rotasi jabatan kepada korbanya.

Teknik akun palsu tersebut kali pertama meminta pertemanan kepada calon korbannya. Setelah diterima, mereka langsung berkomunikasi lewat messenger dan melanjutkan komunikasi ke whatsapp (WA).

Adapun akun palsu Facebook mengatasnamakan Bupati Serdang Bedagai juga memberikan nomor whatsapp (WA) 082184679379 kepada korbannya guna untuk pingiriman data data milik korban.

Atas laporan informasi tersebut, Bupati Sergai H Darma Wijaya langsung memposting percakapan antara akun palsu mengatasnamakan Bupati Sergai dengan korbannya.

"Ini bukan saya. Saya baru dapat laporan bahwa ada akun FB yang mengatasnamakan saya dan menjalin percakapan yang tidak bertanggung jawab. Jelas, ini bukan saya," tegas Bupati, Senin (5/7/2021).

Darma juga meminta agar warganet khususnya di Serdang Bedagai untuk berhati-hati dalam membalas dan memberikan informasi apapun terkait privasi data diri.

Bupati juga menyanggah nomor HP yang tertera juga bukan nomornya. "Bijaklah dalam menanggapi percakapan di media sosial. Semua urusan kedinasan berjalan sesuai proses yang berlaku. Tidak ada jalur khusus tanpa testing apalagi terkait CPNS. Silakan teruskan pemberitahuan ini agar tidak ada lagi yang mengalami hal serupa. Terima kasih," tandasnya.

Awak media mencoba menghubungi nomor whatsapp (WA) 082184679379 pemilik akun palsu mengataskaan Bupati Serdang Bedagai, namun ponsel tersebut berdering tapi enggan diangkat.