SINGKIL - Ribuan masyarakat Aceh Singkil termasuk dari luar daerah serta para alumni santri Dayah (Pesantren) Babussalam Batu Korong, Rabu (12/10/2016) memadati lokasi pondok dayah di Gampong Lipat Kajang, Kecamatan Simpang Kanan.

Masyarakat maupun alumni yang sengaja hadir dari berbagai daerah itu turut ingin mendoakan Abuya Tgk H Imam Baihaqi, pada peringatan setahun meninggalnya (haul) ulama kharismatik Aceh Singkil, yang lebih dikenal akrab oleh masyarakat Aceh sebagai Abuya Batu Korong.

Sosok ulama kharismatik yang tidak hanya tersohor di bumi Syekh Abdurrauf Assingkily, atau daerah lainnya baik di Aceh maupun laur Aceh, tapi nama Beliau juga dikenal sampai ke negeri jiran Malaysia.

"Peringatan haul pendiri sekaligus Pimpinan Dayah Babussalam, Batu Korong, merupakan yang pertama sekali diperingati," kata Tgk Abi Hasan pimpinan Dayah Babussalam yang merupakan putra Abuya Baihaqi, saat menyampaikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada ribuan tamu berhadir, sebelum berlangsungnya dzikir dan yasinan di Dayah itu.

"Jujur saya terharu melihat antusiasme masyarakat menghadiri haul Buya ini. Ini membuktikan bahwa masyarakat tetap cinta terhadap Buya, dan masyarakat merasa kehilangan Buya," ujar pimpinan Dayah tersebut

Pembacaan yasin dan dzikir dipimpin Tgk Azwar Ramnur, yang merupakan alumni Dayah Babussalam tersebut, yang diakhiri dengan lantunan ayat-ayat Alquran (hifzul Quran) oleh santri.

Sebagaimana diketahui, Ulama Kharismatik Kabupaten Aceh Singkil, Tgk H Imam Baihaqi, meninggal di usia 85 tahun, pada 24 Oktober 2015. Beliau meninggal saat dalam perawatan di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh.